Otomotif Astra Menguasai 54% Penjualan Mobil Indonesia

Jaringan diler Auto2000 salah satu terbesar penjual Toyota di Indonesia. (Auto2000)

JAKARTA, AVOLTA – Lima merek di bawah payung Astra International, yaitu Toyota (termasuk Lexus), Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot masih menguasai lebih dari setengah total penjualan mobil di Indonesia sepanjang Januari hingga Juni 2022.

Dari data yang diberikan, merek-merek di bawah Astra International menguasai 54% penjualan mobil di Indonesia, dengan total sebesar 258 ribu unit. Sedangkan total pasar roda empat selama paruh kedua tahun ini, adalah sebanyak 475.321 unit.

“Semester pertama tahun ini 54%, naik 1% dibandingkan 53% pada periode yang sama 2021,” ujar Head of Investor Relations Astra International Tira Ardianti, dikutip Antara, ditulis Minggu (7/8/2022).

Lanjut Tira, grup Astra memiliki sejarah penguasaan sebesar setengah total penjualan mobil di Indonesia.

“Setidaknya kalau kami tarik historis, kira-kira Astra itu merepresentasikan separuh dari pasar mobil di Indonesia, kalau lebih dari itu Alhamdullilah,” tegasnya.

Kinerja ekspor Toyota periode kuartal I/2022 mencatatkan volume terbesar sepanjang sejarah. (TMMIN)

Selain itu, pencapaian Astra ini tidak lepas dari performa apik Toyota, yang hingga saat ini masih menjadi merek mobil terbesar di Indonesia dari segi penjualan. Selain itu, Daihatsu juga mendukung kekuatan Astra, dengan label salah satu produsen roda empat besar di Tanah Air.

Sementara itu, Tira juga optimisme penjualan mobil pada 2022 mampu mencapai 900 sampai 950 ribu unit. Artinya, prediksi tersebut melebih target yang dicanangkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebesar 900 ribu unit.

“Kami dari Astra memperkirakan market bisa berkisar 900 sampai 950 ribu unit. Kenapa kami bicara kisaran, karena kami melihat pencapaian pada semester pertama ternyata melampaui periode yang sama pada 2021,” pungkasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )