Tesla Bisa Kehilangan Predikat Produsen Mobil Listrik Terbanyak

NEW YORK, AVOLTA – Tesla sebagai produsen kendaraan listrik terbanyak terancam kehilangan posisinya, seiring banyaknya produk sejenis yang dikembangkan oleh para pesaing.

Dikutip Bloomberg, ditulis Senin (4/7/2022), pabrikan lain seperti Ford dan General Motors (GM) yang akan merilis sekitar 135 produk kendaraan listrik baru. Dengan begitu, Analis Bank of America John Murphy menyebut Tesla akan tergusur dari posisinya pada 2025.

Diri sisi lain, perusahaan milik Elon Musk ini masih akan tumbuh karena penjualan kendaraan listrik terus melonjak, namun pangsa pasarnya akan turun menjadi sekitar 11% pada 2025 dari lebih dari 70% saat ini.

“Tesla memiliki penggemar setia, tetapi perusahaan tidak akan dapat mengikuti kecepatan model baru yang datang dari General Motors Co., Ford Motor Co., dan beberapa pembuat mobil asing,” tulis Murphy.

Lanjutnya, ia juga menilai Elon telah mengalami kevakuman selama 10 tahun terakhir karena menikamti situasi belum adanya persaingan yangs engit dari pabrikan lain.

Pabrik Tesla (Reuters)

Sementara itu, penjualan kendaraan listrik di Negeri paman Sam bisa tumbuh delapan kali lipat menjadi lebih dari 3,2 juta pada 2025, dari sekitar 400 ribu unit pada tahun lalu. Selain itu, Murphy juga melihat GM dan Ford akan memimpin pasar dengan masing-masing mengumpulkan sekitar 15% pangsa pasar.

Sebagai informasi, GM berencana untuk meluncurkan 17 model EV baru di pasar AS dari 2023 hingga 2026. Sedangkan Ford akan memiliki enam model EV baru.

Pesaing lainnya, Volkswagen AG juga akan memiliki 11 model baru kendaraan listrik, dan duo Korea Hyundai dan Kia juga akan memiliki 13 model baru kendaraan listrik.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )