Mitsubishi Investasi Rp10 Triliun di Indonesia untuk Mobil Listrik

Mobil listrik niaga Mitsubishi sudah mejeng sejak 2021. (CNBC Indonnesia/ Tri Susilo)

TOKYO, AVOLTA – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menjanjikan menambah investasi Rp 10 triliun di Indonesia mulai 2022 hingga 2025. Hal tersebut, guna mendukung pengembangan bisnis kendaraan listrik dari pabrikan asal Jepang itu di Tanah Air.

Setelah 2023, MMC akan fokus memproduksi mobil jenis xEV, yang terdiri dari Xpander dan Pajero Sport. Selain itu, MMC juga akan memproduksi dua model kendaraan baru electric vehicle (EV) mulai 2024.

“Sampai saat ini, MMC telah menginvestasikan Rp 11,3 triliun hingga akhir 2021 untuk seluruh pabrik MMC di Indonesia,” jelas Menteri Koordinator Bidang perekonomian, Airlangga Hartarto saat bertemu dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Takao Kato, di Tokyo, Selasa (26/7/2022).

Sedangkan untuk mobil listrik, perusahaan berkomitmen untuk segera meluncurkan kendaraan listrik baru Mini Cab MiEV di dalam negeri. Mobil listrik niaga ini sejatinya sudah diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu.

Mitsubishi Janjikan Penambahan Investasi Rp10 Triliun dan Segera Luncurkan Kendaraan Listrik Baru (Mini Cab MiEV) (Ist)

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, CEO MMC juga meminta Pemerintah Indonesia untuk memberikan insentif terkait ekspor. Saat ini, tengah disiapkan pengiriman perdana ekspor dari Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ke Australia.

Bahkan, Mitsubishi juga merencanakan untuk menambah tujuan ekspornya, sehingga pada 2022 menjadi 40 negara.

Sementara itu, Mitsubishi pun berencana mengeluarkan sejumlah model kendaraan baru, dengan berbagai macam jenis yang ramah lingkungan.

“Mitsubishi akan mendiversifikasi produknya dengan mengeluarkan kendaraan dengan jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV) atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), serta Battery Electric Vehicle (BEV) untuk mendukung program Pemerintah Indonesia mencapai carbon neutral di 2060 mendatang,” kata Takao.

Mitsubishi Minicab-MiEV, mobil listrik niaga sudah dimodifikasi gaya adventure di Tokyo Auto Salon 2022. (Mitsubishi)

Sebagai informasi, MMC sedang mengadakan pilot project untuk menggunakan BEV secara komersial dengan empat perusahaan.

“Pemerintah menyambut baik rencana MMC berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek dan DHL Supply Chain Indonesia untuk menggunakan kendaraan jenis Mini Cab MiEV secara komersial,” pungkas Airlangga.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )