Transjakarta dan MAB Bikin Kesepakatan Uji Coba Bus Listrik

Transjakarta dan MAB Milik Moeldoko Bikin Kesepakatan untuk Uji Coba Bus Listrik (Avolta)

JAKARTA, AVOLTA – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) resmi melakukan kerjasama dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Melalui nota kesepakatan tersebut, perusahaan kendaraan milik Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko ini akan menyediakan satu unit bus listrik untuk diuji coba di jalur Transjakarta.

“Kita akan melakukan ujicoba satu unit MAB di jalur yang belum dilintasi bus listrik, yaitu Dukuh Atas 2 hingga Ragunan (Koridor 6) mulai Senin, 1 Agutus 2022. Kendaraan akan melayani pelanggan mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler Rp3.500,” ujar Anang Rizkani Noor, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, di sela-sela pameran kendaraan listrik PEVS 2022, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2022).

Uji coba bus listrik ini, akan berlangsung selama tiga bulan di Jakarta. Selama pengujian tersebut, akan ada beberapa pengembangan yang dilakukan.

Pertama, terkait dengan spesifikasi teknis bus listrik agar dapat memenuhi standar pengoperasian Transjakarta. Kedua, adalah alih teknologi dalam hal desain teknis, performance test, dan homoligasi teknis dalam operasional uji coba bus listrik.

Transjakarta dan MAB Milik Moeldoko Bikin Kesepakatan untuk Uji Coba Bus Listrik (Avolta)

Selanjutnya, pengembangan sistem dalam pengoperasian bus listrik, termasuk perawatan dan perbaikan bus listrik, dan keempat kajian total ownership cost (TCO).

Uji coba ini akan menggunakan bus tipe MD12E NF yang menggunakan baterai LiFePO berkapasitas 315.85 KWh sebagai sumber penyimpanan daya. Bila dalam kondisi penuh maka kendaraan mampu menempuh jarak sejauh 250 km.

Baterai tersebut dikawinkan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 321 tk serta torsi hingga 680 Nm. Mesin tesebut, dikawinkan dengan transmisi AMT 4 untuk meningkatkan kenyamanan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )