Jokowi Minta Ekspor Mobil CBU ke Australia Terus Berjalan

Presiden Joko Widodo tinjau pelabuhan Patimban (Instagram @jokowi)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri Australia di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022). Dalam pertemuannya itu, salah satu yang dibahas, yakni tentang ekspor kendaraan bermotor.

Jokowi berharap kesempatan ekspor mobil completely built-up (CBU) dari Indonesia ke Australia dapat terus terbuka luas.

“Saya menyampaikan pentingnya perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Aussie misalnya otomotif,” ungkap Jokowi.

Menurut dia, ekspor mobil CBU ke Australia sudah dimulai sejak Februari 2022, dan ke depannya diharapkan akan terus terjalin kerjasama yang baik, khususnya di sektor industri otomotif.

Perlu diketahui, bahwa pada Februari 2022 itu yang memulai ekspor mobil CBU ke Australia, adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Bahkan Jokowi pun hadir dalam pelepasan secara simbolis unit yang siap dikirim ke negara tersebut.

Mobil CBU yang diekspor ke negara kangguru itu adalah SUV medium, Toyota Fortuner yang disebut telah berstandar emisi gas buang setara Euro 5.

“Karena itu, saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi karena apa pun, tadi kita sudah melihat produknya Fortuner, selain produk-produk yang lain, ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor,” tutur Jokowi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )