Kantong Grup Astra Menebal Kuartal Pertama 2021 dari Otomotif

Astra Biz Center BSD, jaringan penjualan merek-merek Jepang di Grup Astra. dok. www.kiearch.com

Jakarta, Avolta – Kantong Grup Astra menebal kuartal pertama 2021 dari bisnis otomotif. Penjualan mobil bermerek Jepang di bawah jaringan pemasaran Astra secara wholesale, mencapai 140.529 unit, naik 5,2% dari periode sama di 2020.

Dalam keterangan resmi yang dirilis Rabu (12/5/2021), PT Astra International Tbk menyatakan sepanjang Januari – April tahun lalu, penjualan (wholesales) kendaraan bermotor roda empat yang dibukukannya sebanyak 133.547 unit. Sekadar catatan, jumlah penjualan ini tidak termasuk penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC).

April saja, penjualan (wholesales) mobil grup Astra tercatat 41.676 unit. Jumlah ini berasal dari penjualan merek Toyota sebanyak 23.407 unit, Daihatsu 15.861 unit, Isuzu 2.357 unit, UD Trucks 40 unit, dan Peugeot 11 unit. Namun, jumlah ini merosot 8,4% dibanding penjualan selama bulan Maret yang sebanyak 45.521 unit.

Baca juga: Seberapa Aman Toyota Raize Ketika Tabrakan

Daihatsu HY Fun, konsep LMPV berteknologi hybrid di GIIAS 2019. dok www.blackexperience.com

Tetapi, jika dibanding penjualan yang dicapai selama April tahun 2020, penjualan di bulan April tahun ini naik hingga 10 kali lipat lebih. Sebab, pada April 2020 itu, penjualan yang dibukukan hanya sebanyak 3.804 unit.

Sekali lagi, angka penjualan (wholesales) pada bulan April ini tidak termasuk LCGC. Khusus LCGC – yang terdiri dari Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Ayla – Astra membukukan penjualan sebanyak 11.806 unit.

Jumlah ini menyusut 2.007 unit dibanding penjualan selama bulan sebelumnya. Data menunjukkan, di bulan Maret angka penjualan LCGC yang dikantongi grup Astra mencapai 13.813 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )