PLN Pasok Listrik Hijau untuk Formula E

Mobil listrik Formule E (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Formula E Jakarta akan digelar pada 4 Juni 2020 di Ancol, Jakarta Utara. Balapan mobil listrik itu dipastikan akan mendapat pasokan sumber listrik dari BUMN PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Bahkan, PLN memastikan pasokan listrik untuk balap mobil listrik Formula E tidak akan menggunakan BBM alias bahan bakar fosil.

Listrik untuk mobil balap Formula E 2022 tersebut dipasok oleh tiga gardu induk PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya sebesar 7 MVA (7 juta volt ampere). PLN UID Jakarta Raya bagian dari sistem kelistrikan Jawa, Madura, dan Bali.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengatakan suplai listrik PLN untuk Formula E Jakarta menggunakan energi panas bumi (geothermal) dan tenaga air yang ramah lingkungan.

“Jadi tidak pakai bahan bakar minyak (BBM) ungkap Doddy di kawasan Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Dooddy menjelaskan PLN UID Jakarta Raya akan mendapat tambahan pasokan listrik nantinya pembangunan pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga bayu (angin) sudah rampung.

Energi hijau untuk balap mobil listrik Formula E Jakarta mendapatkan sertifikat energi terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) dari AS.

Doddy juga memastikan pasokan listrik untuk Formula E 2022 tidak akan mengganggu aliran listrik bagi masyarakat Jakarta Raya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )