Jokowi Bilang Harga Mobil Listrik di Indonesia Makin Murah

JAKARTA, AVOLTA – Sekarang ini kendaraan listrik yang dijual di Indonesia tergolong punya harga yang tinggi. Hal tersebut lantaran banderol baterai dari mobil atau sepeda motor listrik cukup mahal atau sekitar 60 persen dari harga jual kendaraannya.

Nantinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa harga kendaraan listrik akan semakin murah. Apalagi sudah banyak investor yang mau berinvestasi mendirikan pabrik baterai untuk mobil dan motor listrik.

Menurut Jokowi, pemerintah bakal serius membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Ekosistem ini mencakup hulu dan hilir yang bertujuan membuat harga mobil listrik menjadi lebih terjangkau.

“Mulai dari penambangan nikel, kemudian smelternya, refinery-nya, kemudian pembangunan industri katoda dan prekursornya, kemudian masuk ke litium baterai, EV baterainya, baterai listriknya, kemudian mobilnya,” ungkap Jokowi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang.

Jokowi melanjutkan, setelah mobilnya juga masih ada lagi tambahan, yaitu proses daur ulang baterai listrik, sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin dikerjakan.

Selain itu, Jokowi juga optimistis ke depan harga mobil listrik akan semakin terjangkau seiring berkembangnya teknologi. Apalagi jika mobilnya dari hulu sampai ke hilir dibangun di Indonesia.

“Untuk pertama seperti itu karena memang harga hampir 50% harga dari mobil itu memang cost-nya ada di baterainya sehingga kalau nanti ketemu teknologi terbaru, harga baterainya akan makin murah, makin murah, makin murah,” ujarnya.

Bukan cuma itu, Indonesia juga punya potensi besar dalam industri kendaraan tanpa emisi sebab memiliki bahan baku utama pembuatan baterai yakni kobalt. Hal ini yang dikatakan harus dimanfaatkan.

“Apalagi dibangun di Indonesia, di tempat di mana nikelnya itu ada, kobaltnya ada, sehingga semuanya dikerjakan dari hulu sampai hilir itu akan bisa menekan cost yang paling murah sehingga kompetitif,” ungkap dia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )