Hyundai Ioniq 5 Dinobatkan Jadi Mobil Terbaik Dunia 2022

2022 World Car Of The Year, IONIQ 5 (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia 2022 alias World Car of The Year (WCOTY). Infomrasi tersebut disampaikan secara langsung di ajang New York International Auto Show, Rabu (13/4/2022).

Penobatan itu diberikan oleh World Car Awards, yaitu ajang penghargaan untuk Mobil Terbaik Dunia (World Car of the Year) yang dewan jurinya terdiri dari puluhan wartawan otomotif mancanegara. Total terdapat 102 jurnalis otomotif yang memberikan suara secara tertutup.

Mobil listrik Hyundai itu bersaing dengan 27 mobil lainnya dari seluruh dunia. Usai mengikuti seleksi Panjang maka terpilih tiga finalis, yakni Ford Mustang Mach-E, Hyundai IONIQ 5 dan Kia EV6, yang mana mendapat suara terbanyak adalah Hyundai Ioniq 5.

Hyundai Ioniq 5 itu memboyong tiga penghargaan, selain dari penghargaan puncak. Dua penghargaan lainnya, yaitu 2022 World Electric Vehicle of the Year and the 2022 World Car Design of the Year.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sudah ada bocoran harganya. (Hyundai.com)

Jaehoon Chang selaku President & CEO of Hyundai Motor Company mengatakan memberikan apresiasi yang tinggi dan merasa sangat bangga karena mendapatkan penghargaan ini.

Menurutnya, penghargaan itu merupakan sebuah bentuk pengakuan atas talenta dan kerja orang semua pihak di Hyundai dan juga mitra bisnis Hyundai Motor.

“Visi kami adalah untuk memberdayakan Kemajuan Bagi Kemanusiaan, dan penghargaan ini merupakan sebuah bentuk dukungan bagi pendekatan kami dan akan memperkuat komitmen kami untuk mewujudkan visi kami tersebut,” ungkap Jaehoon Chang dalam siaran resmi Hyundai global, Jumat (15/4/2022).

Perlu diketahui, kendaraan yang berhak masuk penyeleksian untuk kategori World Car of the Year (WCOTY) harus memiliki volume produksi sedikitnya 10.000 unit per tahun.

Selain itu, harganya juga harus di bawah mobil premium pada segmen pasar, serta harus dijual minimal  dua pasar besar (Cina, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, dan Amerika Serikat) dalam kurun waktu 1 Januari 2021 sampai 30 Maret 2022.

World Car Awards sudah sejak lama bermitra dengan New York Auto Show untuk menyelenggarakan penganugrahan World Car Of The Year. Tahun ini merupakan perhelatan yang ke-17 kalinya dan sudah empat tahun terakhir ini mendapat dukungan penuh dari Brembo.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )