Batal Jadi Esemka, Mobil Listrik Neta Meluncur di Malaysia

KUALA LUMPUR, AVOLTA – Salah satu merek mobil listrik asal Cina, Neta bakal resmi masuk ke pasar Malaysia. Produsen asal Negeri Tirai Bambu ini, di negara asalnya menawarkan tiga model, yaitu Neta S, Neta U-II (penerus Neta U), dan Neta V.

Namun, dari ketiganya, hanya crossover Neta V yang diinformasikan di situs website resmi Neta Auto Malaysia dan juga halaman media sosialnya.

Menariknya, merek Neta yang berada di bawah Hozon Auto ini beberapa waktu lalu santer diberitakan di Indonesia. Pasalnya, salah satu merek Tanah Air, yaitu Esemka disebut tengah mengembangkan mobil listrik, yang diduga hasil rebadge dari Neta V.

Kemudian, spekulasi terkait mobil listrik Esemka dan Neta V ini langsung dibantah oleh Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen Esemka, Eddy Wirajaya.

Mobil listrik yang sempat diisukan mau di-rebadge Esemka, tapi batal. (ist)

Kembali ke Neta V yang akan masuk ke pasar Negeri Jiran, Paultan menginformasikan, mobil listrik Neta V pertama kali diperkenalkan pada 2020 dan menggunakan platform sama yang digunakan oleh Neta U-II.

Secara spesifikasi, Neta V sudah menggunakan baterai lithium-ion 38,5-kWh yang menggerakkan motor listrik yang dipasang di penggerak depan. Dengan jantung penggerak tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 94 Tk atau 70 kW dan torsi maksimum sebesar 150 Nm.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 384 Km, mengikuti standar NEDC (angka WLTP biasanya sekitar 20 persen lebih rendah). Model ini lebih cocok untuk digunakan di kota, dengan kecepatan tertinggi 101 Kpj dan akselarasi dari 0 sampai 50 Kpj  dalam 3,9 detik.

Untuk pengisian daya, Neta V dapat menerima input AC maksimal (tipe 2) sebesar 6,6 kW, dengan pengisian penuh memakan waktu delapan jam. Ada juga pengisian cepat DC dengan puncak 100 kW yang mendapatkan baterai dari status pengisian daya 30-80 persen hanya dalam 30 menit.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )