Tesla Capai Produksi 1 Juta Unit Sel Baterai Mobil Listrik

Pabrik Tesla (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Informasi terkini yang dirilis Tesla, yaitu tentang kesuksesannya mencapai produksi 1 juta unit sel baterai lithium-ion silinder tipe 4680. Sel baterai ini nantinya digunakan pada mobil listrik Tesla Model Y.

Produsen mobil listrik ternama asal Amerika Serikat (AS) itu telah mengunggah foto karyawannya di fasilitas percontohan Kato Road di Fremont, California, di twitter dengan kalimat “Merayakan sel baterai 4689 yang ke-1 juta unit pada Januari 2022”.

Wajar kalau sampai saat ini sudah mencapai 1 juta unit, karena Tesla baru mulai melakukan produksi di pabrik ini sejak 2020.

Tahap awal, paket baterai ini akan digunakan pada Model Y. Namun selanjutnya, bakalan dipakai pada mobil listrik Tesla yang lainnya. Model Y buatan Texas sendiri diperkirakan memasuki pasar sebelum akhir kuartal 2022.

Berdasarkan keterangan resmi Tesla, baterai lithium-ion 4680 generasi terbaru diklaim lebih hemat energi dan dilengkapi dengan kepadatan energi yang lebih tinggi.

Mobil listrik yang dilengkapi paket baterai ini bisa menghasilkan kinerja yang lebih bertenaga, dengan kemampuan menyimpan energi lima kali lebih banyak daripada sel baterai tipe 2170.

Bahkan, pada acara Battery Day September 2020, Tesla sempat mengungkapkan bahwa sel baterai lithium-ion 4680 dilengkapi paket baterai struktural dan ini merupakan format sel baru. Tentunya ini diharapkan dapat membawa perbaikan yang signifikan di banyak daerah meskipun menggunakan bahan kimia lithium-ion baru.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )