Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Siapkan 35 Model Mobil Listrik

Kondisi tempat perakitan mobil Nissan di Jepang (antara)

JAKARTA, AVOLTA – Aliansi ketiga pabrikan, Renault, Nissan, dan Mitsubishi di masa depan bakal lebih serius menggarap kendaraan ramah lingkungan. Tentunya selain ikut menghadirkan mobil berteknologi karbon netral, ketiga merek itu akan menyiapkan 35 model mobil listrik mulai 2030.

Guna mencapai target tersebut, aliansi ketiga produsen otomotif itu juga menggelontorkan dana 25 juta dolar Amerika atau  Rp 359 triliun. Bekal modal itu, fokusnya menggarap kendaraan berbasis listrik dengan konsep baru.

Dalam menciptakan kendaraan listrik baru itu, kolaborasi tersebut juga akan menggunakan lima platform umum, yang nantinya diharapkan mampu mencakup 90 persen dari EV yang diluncurkan pada 2030.

Perlu diketahui, sejauh in aliansi ketiga merek tersebut sudah memasarkan empat platform EV umum. Nantinya juga soal baterai, akan diserahkan kepada Nissan karena standarisasi penggunan baterai disematkan teknologi Li-ion yang telah dikembangkan Nissan.

Produksi mobil listrik di Jerman – dok.Carscoops

Terkait elektrifikasi ini, Nissan berencana untuk menghabiskan sekitar 18 miliar dolar AS selama lima tahun untuk mempercepat elektrifikasi kendaraan, meluncurkan 23 kendaraan listrik, termasuk hibrida, dan listrik pada 2030.

Sementara Renault telah menegaskan untuk menjadi 100 persen listrik di Eropa pada 2030. Hanya, target ini tidak berlaku untuk pasar di luar Eropa.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )