Masih Musim Hujan, Jaga Sistem Kelistrikan Mobil Agar Anti-Korsleting

Ilustrasi Jumper aki (Gridoto/Ryan)

JAKARTA, AVOLTA – Memasuki awal tahun, intensitas hujan di beberapa daerah masih cukup tinggi. Dengan kondisi tersebut, pemilik mobil wajib melakukan perawatan kendaraan lebih ekstra, salah satunya sistem kelistrikan agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan pengemudi maupun penumpang.

Dijelaskan Rifat Sungkar, Pereli Nasional yang juga Brand Ambasador Mitsubishi Indonesia, sistem kelistrikan ini merupakan bagian yang cukup ringkih, terlebih jika sudah berhubungan dengan air atau hujan.

“Sistem kelistrikan itu ringkih terhadap air hujan. Jadi, bagi pemilik mobil tolong diperhatikan hal tersebut,” ucap suami dari Sissy Priscillia ini, beberapa waktu lalu.

Lanjut Rifat, gangguan yang bisa terjadi di sistem kelistrikan biasanya hanya terlihat dari dalam. Sementara itu, jika dilihat dari luar, kemungkinan besar terlihat baik-baik saja atau seperti tidak ada masalah.

“Jangan sampai ini terjadi, gangguan kelistrikan itu dari dalam. Pasalnya, sistem ini cukup penting, karena berhubungan dengan performa kendaraan yang maksimal atau mobil berjalan dengan baik,” kata dia.

Dilihat lebih detail, sistem kelistrikan mobil ini terbagi menjadi beberapa enis. Paling umum, adalah sistem kelistrikan di bodi seperti lampu, klakson, AC, Power Window. Kemudian, adalah juga sistem kelistrikan mesin, seperti starter, pengapian, dan injeksi BBM.

Selain itu, ada juga sistem kelistrikan yang berkaitan dengan fitur keselamatan dan keamanan seperti fitur canggih yang tersemat di mobil. Contohnya, adalah hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), immobilizer, dan alarm.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )