Sederhana tapi Penting, Karet Wiper Wajib Diganti Berkala

Ilustrasi Ganti Karet Wiper (dok. toyota.astra.co.id)

JAKARTA, AVOLTA – Peran wiper pada mobil begitu penting untuk menyeka air hujan agar pandangan pengemudi tetap terjaga selama berkendara. Tapi terkadang, pemilik mobil sering melupakan perawatan, alhasil ketika dibutuhkan mengalami masalah.

Biasanya permasalahan yang muncul seperti kerja karetnya sudah tidak maksimal. Contoh, menyeka air hujan menjadi tidak baik, sehingga pandangan sang sopir menjadi terganggu.

Pereli nasional Rifat Sungkar memberikan tips agar pemilik mobil tidak pernah mengalami masalah pada wiper. Menurut dia, sebaiknya karetnya diganti secara berkala atau lebih tepatnya diperbaharui ketika memasuki musim baru.

“Masuk musim hujan diganti, masuk musim panas juga diganti karetnya. Karena yang bermasalah pasti dari kualitas karetnya yang menurun,” ucap Rifat belum lama ini di Jakarta.

Wiper pada Mobil (Bosch)

Karet wiper itu sendiri, lanjut Rifat memiliki masa pakai. Apabila sering terkena panas matahari dan air hujan hingga kering dengan sendirinya maka tidak menutup kemungkinan menjadi cepat getas.

“Kalau sudah getas seperti itu, ketika menyeka air hujan menjadi tidak maksimal. Tentunya akan membahayakan pengemudi karena jarak pandang menjadi terganggu,” kata dia.

Saran dari Rifat mungkin bisa diterapkan oleh para pemilik mobil agar kerja dari wipernya itu selalu prima.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )