Torsi Galak dan Fitur Pintar Jadi Impresi Toyota bZ4X

Impresi Perdana Mengemudi Mobil Listrik Toyota bZ4X (Avolta.id)

JAKARTA, AVOLTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota bZ4X di Indonesia pada 10 November 2022 dengan harga Rp 1.190 miliar. Mobil listrik pertama Toyota untuk pasar domestik ini langsung menarik perhatian masyarakat, karena banyak yang penasaran dengan kemampuan dari semua keunggulannya.

Sebuah kencan singkat telah diatur antara redaksi Avolta dan Toyota bZ4X di Kawasan BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu. Melihat dari luar, eksterior EV ini tampil modern dan memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan model Toyota lainnya. Sebagai sebuah crossover, bZ4X berkarakter sporty yang akan menarik perhatian pengguna jalan lainnya.

Masuk kedalam kabin, duduk di jok pengemudi bisa diatur ketinggiannya, termasuk lumbar support, secara elektronik melalui tombol di sebelah kanan. Untuk menghidupkan mesin, caranya menekan tombol on/off engine yang berada di sebelah kiri pengemudi setelah menginjak pedal rem.

Namanya juga mobil listrik, maka jangan harap terdengar deruan suara mesin, meskipun sudah menyala.

Impresi Perdana Mengemudi Mobil Listrik Toyota bZ4X (Avolta.id)

Untuk memulai perjalanan, tombol bulat di konsol tengah cukup ditekan dan diputar mengarah ke posisi D. Saat pedal gas diinjak, kejutan diberikan oleh mobil yang bisa melaju hingga 500 km saat baterai terisi penuh ini. Akselerasinya sangat mencengangkan karena torsinya yang besar sanggup menghempaskan badan langsung kebelakang.

Pantas saja, melihat spesifikasinya di atas kertas, bZ4X dibekali baterai litium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang memuntahkan tenaga hingga 204 hp dan torsi badak 266,3 Nm. Secara data, mobil listrik ini diklaim memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,3 detik saja.

Berkendara di tengah kota, bZ4X lincah dan gesit bermanuver saat berpindah jalur. Artikulasi suspensi-nya sangat meyakinkan tetap nyaman, empuk, tapi tidak limbung.

Impresi Perdana Mengemudi Mobil Listrik Toyota bZ4X (Avolta.id)

Sebagai sebuah mobil yang advanced, bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Pengemudi cukup menekan tombol di layar monitor saat mendeteksi adanya lahan parkir yang ditandai dengan garis-garis di parkiran. Pencet tombol start, dan secara cerdas, mobil ini akan maju, mundur, belok secara otomotis parkir sendiri secara presisi.

Penting untuk diketahui, mobil listrik ini menggunakan teknologi KERS. Teknologi ini merupakan fitur pintar yang melakukan pengisian ulang baterai secara mandiri ketika pedal akselerasi diinjak dan melakukan pengereman. Tentunya dengan fitur tersebut membuat pengendara merasa lebih nyaman karena tidak perlu takut kehabisan baterai secara total.

Kesimpulannya, secara tampilan luar dan interior sangat futuristik. Tingkat kenyamanan selama berkendara begitu optimal sehingga membuat penumpang dan pengemudi menjadi nyaman berlama-lama di dalam mobil listrik ini. Atap panoramik juga menjadi nilai plus yang tidak dimiliki pesaingnya. Untuk servis, rasanya tidak menjadi isu bagi Toyota karena jaringan dealernya yang masif. Apalagi Toyota berjanji pada setiap dealernya, akan disediakan stasiun pengisian untuk memudahkan konsumennya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )