Suzuki Ertiga Smart Hybrid Meluncur Ada Varian Flexy Engine

Tampilan baru Suzuki Ertiga Smart Hybrid di India. (Maruti Suzuki)

DELHI, AVOLTA – Maruti Suzuki merluncurkan lebih dahulu Ertiga Smart Hybrid di India, Jumat (15/4/2022). Ubahannya cukup signifikan terutama pada bagian mesin dan transmisi, serta teknologi yang digunakan.

Tampilannya, tidak terlalu banyak ubahan, cuma desain gril yang berbeda. Kap mesin, lampu, panel bodi, relatif terlihat sama dengan model lawas. Hanya ada sentuhan krom pada bagasi dan desain pelek dual tone yang berbeda.

“Ertiga dengan fitur berteknologi canggih hadir dengan mesin dan transmisi baru. Sesuai dengan visi merek yakni menghadirkan kenyamanan, teknologi, dan fitur keselamatan,” ucap Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Hisashi Takeuchi, dikutip Rush Lane.

Teknologi Smart Hybrid mulai disematkan pada Ertiga, menjadikannya mobil hybrid termurah di pasar. (Maruti Suzuki)

Ruang mesin kini dihuni jantung pacu baru K15C Dualjet, 1.5 liter dengan teknologi Smart Hybrid. Mesin ini  berbeda dengan mesin sebelumnya K15B, yaitu menggunakan sepasang injeksi per silinder, sehingga diklaim mampu menciptakan pembakaran lebih sempurna. Hemat kata, mesin lebih bertenaga tapi tetap irit.

Suzuki mengklaim Ertiga Smart Hybrid bertenaga 103 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 136.8 Nm pada 4.400 rpm. Ada dua varian transmisi yang ditawarkan, manual 5-percepatan dan matik 6-percepatan. Serunya lagi, mobil baru ini sudah dibekali paddle shift jadi bakal terasa lebih sporty saat dikendalikan.

Interior didominasi warna abu-abu muda dengan jok berlapis kain. (Maruti Suzuki)

Masuk ke interior, Suzuki mengaku melakukan penghitungan ulang komposisi jok, sehingga diklaim lebih terasa lapang. Dasbor dan jok berlapis kain (fabric) didominasi warna abu-abu muda, dengan head unit 7 inci dengan fitur baru, Suzuki Connect. Fitur yang semakin common di kalangan merek-merek Jepang, termasuk motor.

Ertiga facelift ini sudah dibekali 4 airbag, ABS, EBD, BA, Electronic Stability Program, Hill-hold Assist, Cruise Control, paddle shift, dan Auto Headlamp.

Flexy Engine

Menariknya, Suzuki juga tidak hanya menjual Ertiga dengan pilihan teknologi Smart Hybrid. Tetapi, Suzuki Eritga fecelift ini ada opsi varian flexy engine CNG. 

Mekanismenya seperti taksi Blue Bird yang mengaplikasikan konversi bensin ke gas. Jadi, tetap bisa mengonsumsi bensin tapi oke juga sedot gas. 

Suzuki Ertiga Smart Hybrid bagian belakang. (Maruti Suzuki)

Cuma ada varian transmisi manual untuk Ertiga Flexy Engine ini, dengan tenaga 87 Hp dan torsi 121,5 Nm saat mengonsumsi gas. Sedangkan, saat minum bensin tenaganya 100 Hp dan torsi 136 Nm. Sepertinya, Suzuki mau menyasar segmen fleet untuk varian ini.

Ertiga facelift ini hadir dengan empat varian, yakni LXi, VXi, ZXi, dan ZXi+, dengan banderol mulai 835.000 rupee atau sekitar Rp 157 jutaan, hingga 1.279.000 rupee atau Rp 240 jutaan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )