Honda Juga Terlibat Skandal Pengujian Sertifikasi di Jepang

Sosok Honda Jazz facelift 2023. (Honda)

JAKARTA, AVOLTA – Pabrikan otomotif asal Jepang lagi dirundung masalah skandal pengujian sertifikasi. Setelah Toyota, dan Daihatsu, kini Honda masuk dalam daftar. Tidak tanggung-tanggung, model yang terlibat begitu banyak, yaitu mencakup 22 model.

Berdasarkan siaran pers, Rabu (5/6/2024) kejadian ini bermula sejak Honda menerima instruksi dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang pada 26 Januari 2024.

Honda disebut melakukan sejumlah penyimpangan, seperti pengujian dan penyertaan data dalam hasil pengujian yang berbeda dari sebenarnya, pengujian kebisingan, dan daya mesin yang melibatkan kendaraan yang dijual pada masa lalu.

Kasus pertama, yakni penyimpangan terhadap pengujian kebisingan yang dilakukan pada Februari 2009 dan Oktober 2017. Dalam laporan tersebut, berat kendaraan yang diuji melebihi batas legal. Laporan pengujian menyatakan berat dalam kisaran yang ditentukan berbeda dari berat kendaraan yang sebenarnya diuji.

“Tentunya kami meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran bagi pelanggan kami, mitra bisnis, dan banyak pemangku kepentingan lainnya,” tulis Honda.

Model yang terdampak terdiri dari Inspire, Fit, CR-Z, Acty, Vamos/Vamos Hobio, Step WGN/Step WGN Spada, Legend, Fit Shuttle, Insight Exclusive, CR-V, Freed, N-Box, N-One, Odyssey, N-WGN, Vezel, Grace, S660, Shuttle, NSX, dan Jade.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )