Penjualan Mobil Listrik di Cina Naik Signifikan

Tampilan depan Wuling Honggung Mini EV – dok.Chinapev

JAKARTA, AVOLTA – Cina masih menjadi pasar otomotif terbesar di dunia saat ini. Bukan saja untuk mobil bermesin konvesional, tetapi juga kendaraan elektrifikasi yang mencakup teknologi listrik murni, hybrid, plug-in hybrid juga mengalami peningkatan signifikan.

Melansir kantor berita Xinhua yang dikutip dari data asosiasi industri mobil penumpang, penjualan mobil penumpang New Energy Vehicle (NEV) di Cina pada Mei 2022 mencapai 360.000 unit atau melesat 91,2 % jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Secara bulanan, volume penjualan mencatatkan peningkatan sebesar 26,9 %. Dalam lima bulan pertama tahun ini, penjualan NEV di Cina meningkat drastis, yaitu 119,5 % dari tahun lalu atau menjadi 1,71 juta unit.

Secara keseluruhan, penjualan kendaraan penumpang Cina pulih kembali pada Mei dari April, dengan total 1,35 juta kendaraan penumpang terjual. Angka ini naik 29,7 % bulan ke bulan

Asosiasi pun berharap kapasitas produksi mobil di Cina kembali normal pada Juni 2022 setelah kasus infeksi Covid-19 mulai menurun lagi dan masalah logistik teratasi.

Bahkan, diperkirakan akan mengalami pertumbuhan lebih dari 10 % jika dibandingkan tahun sebelumnya, dalam produksi mobil dan penjualan pada Juni 2022.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )