Turki Bikin SUV Listrik Berbasis AI

ANKARA, AVOLTA – Turki ingin menunjukan bahwa Cina bukan satu-satunya negara yang mampu bersaing dengan produsen otomotif asal Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat (AS). Negara ini resmi membuat konsorsium Perusahaan otomotif Turkiies Automotive Initiative Group (Togg).

Togg pada 2024 ini resmi merilis sport utility vehicle (SUV) bertenaga listrik berbasis Artificial Intelligence/AI. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pun menerima kunci mobil listrik itu sebagai simbol siap diproduksi massal.

Berdasarkan keterangan resmi, Rabu (24/4/2024) Togg berencana pada tahun 2030 memproduksi 1 juta mobil dalam lima model. Model T10X Togg mengikuti format VW ID.4 dan diproduksi di pabrik di kota barat laut Bursa.

Perusahaan belum mengumumkan harga SUV barunya di pasar Eropa Barat pertamanya, Jerman, atau pasar masa depan lainnya. Namun, di negara asalnya, Togg akan dibanderol mulai Rp 697 juta.

SUV listrik berkapasitas lima tempat duduk ini dijual 1,5 kali lebih mahal daripada Fiat Tipo terlaris di Turkiye atau lebih populer disebut Egea. Mobil berukuran 4,6 meter ini membutuhkan waktu enam tahun untuk dikembangkan. Penjualan awalnya mencapai 20.000 unit dalam 18 jam.

Menyoal teknis, SUV listrik ini dilengkapi dengan baterai 52,4 atau 88,5 kWh, yang memiliki daya jelajah hingga 523 kilometer. Daya pengisian 22 kW untuk AC dan 180 kW untuk DC kalah dibandingkan banyak pesaing Eropa.

Rencana ke depan, Togg, bakal membangun jaringan pengisian dayanya sendiri dan telah memesan 1,000 hyper charger dari Türkiye.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )