Pasca-Skandal, Daihatsu Kembali Jual Rocky Hybrid di Jepang

Daihatsu resmi meluncurkan varian baru Rocky e-Hybrid di Jepang. (DMC)

JAKARTA, AVOLTA – Daihatsu telah mengumumkan untuk kembali melanjutkan pengiriman untuk tiga modelnya, yaitu Move Canbus, Rocky HEV, dan Toyota Raize HEV di Jepang. Keputusan tersebut, pasca jenama asal Jepang ini tersandung skandal sertifikasi uji keselamatan beberapa waktu lalu.

Disitat dari laman resmi perusahaan, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang, telah mencabut masa penangguhan untuk tiga model asal Negeri Matahari tersebut.

Menurut MLIT, ketiga mobil ini dicabut masa penangguhan pengiriman karena telah dipastikan memenuhi standar undang-undang kendaraan angkutan jalan berdasarkan hasil pengujian bersama lembaga sertifikasi.

“Kami akan bekerja sama dengan pemasok dan perusahaan penjualan kami, dan segera setelah persiapan siap, kami bermaksud untuk melanjutkan produksi dan pengiriman,” tulis Daihatsu.

Selain itu, pabrikan juga memastikan produk lama yang telah dihentikan produksinya telah memenuhi standar undang-undang kendaraan angkutan jalan, terdiri dari Move Conte dan Applause milik Daihatsu serta Pixis Space dan iQ milik Toyota.

Perlu diketahui, sejak April 2023 perusahaan sudah mengakui telah melakukan kecurangan pada uji tipe kendaraan di Jepang.

Berlanjut pada Desember 2023 usai melakukan investigasi internal, Daihatsu merilis laporan bahwa mereka setidaknya melakukan 174 kasus kecurangan sejak 1989. Sebanyak 64 model terlibat skandal ini, termasuk merek Daihatsu, Toyota, Subaru dan Mazda.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )