Rumors Toyota Starlet EV Makin Berembus Kencang

JAKARTA, AVOLTA – Isu kehadiran Toyota Starlet EV makin berembus kencang. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pabrikan asal Jepang tersebut, namun disebutkan salah satu model ikonik Negeri Sakura ini akan diluncurkan kembali pada 2026.

Disitat dari Best Car, yang dikutip dari Drive, Toyota Starlet EV baru ini belum diketahui pasti apakah bakal dirancang sebagai mobil perkotaan kecil hanya untuk pasar Jepang, yang biasa disebut kei car atau memang juga dibuat untuk pasar global, mengisi ceruk di bawah Yaris.

Rumor kehadiran Toyota Starlet listrik ini, memang sejalan dengan pernyataan dari Presiden Toyota Gazoo Racing Division, Tomoya Takahashi yang sangat ingin membangkitkan Toyota Starlet. Ia juga mengatakan, keinginan tersebut merupakan mimpi pribadi yang memang perlu diwujudkan.

“Dulu saya sering mengendarai mobil itu di jalan bersalju dan sirkuit kecil buatan yang ada di kampung saya di Hokkaido,” ujar Tomoya, beberapa waktu lalu.

Sosok Toyota Starlet di Afrika Selatan, merupakan produk rebadge Suzuki Baleno. (Toyota Afsel)

Sementara itu, Toyota GR Starlet yang lebih sporty, juga dilaporkan sedang dalam proses pembuatan. Perancangnya, adalah divisi performa perusahaan, Gazoo Racing (GR).

Meskipun detail mesinnya masih belum terungkap, namun dari panel gril depan bagian atas yang tertutup berdasarkan ilustrasi digital Best Car, menunjukan model ini akan hadir sebagai kendaraan listrik.

Disebutkan juga, keinginan Tomoyo Takahashi untuk membangkitkan Starlet muncul saat mendengar President Toyota Motor Corp yang baru Koji Sato, juga berencana menghadirkan kembali mobil-mobil lama Toyota yang legendaris.

“Kalau Koji Sato ingin bangkitkan Celica, mimpi pribadi saya, mengenyampingkan posisi saya sebagai President GR, mobil yang dibangkitkan adalah Toyota Starlet,” tukasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )