Dongkrak Penjualan, Toyota Kolabs dengan Tencent

Ilustrasi smart key Toyota. (Bloomberg)

BEIJING, AVOLTA – Pasar otomotif terbesar di dunia bergeser ke Cina. Banyak pabrikan yang menaruh harapan tinggi karena penjualan mobil baru di negeri Tirai Bambu itu berdasarkan data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) pada tahun 2023 mencapai 21,7 juta unit.

Kondisi itu yang menjadikan pabrikan otomotif termasuk di luar Cina berlomba mencari perhatian warga lokal untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya Toyota Motor Corp (TMC) yang belum lama ini berkolaborasi dengan raksasa internet Cina Tencent Holdings untuk mengembangkan perangkat lunak dan kecerdasan buatan.

Mengutip Nikkei dan Kyodo, Senin (29/4/2024), Toyota akan menghadirkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang akan dikembangkan bersama akhir tahun 2024 ini, yang menggunakan perangkat lunak tersebut.

Langkah tersebut adalah upaya Toyota untuk mendorong penjualan kendaraan listrik di pasar domestik. Meski perkembangan kendaraan listrik di Cina tumbuh pesat, Toyota menghadapi kompetisi dari pemain lokal serta harga yang semakin kompetitif.

Sebagai informasi, Tencent juga dikabarkan mulai agresif masuk ke industri otomotif karena melihat pertumbuhan signifikan pada sektor ini. Selain Toyota, perusahaan internet ini juga sudah menjalin kerjasama dengan Audi, dan Volkswagen (VW).

CATEGORIES
TAGS