Investasi Jumbo GM di Brasil Produksi EV

Logo GM (Ist)

BRASILIA, AVOLTA – General Motors (GM) berencana untuk menginvestasikan dana sebesar US$ 1,42 miliar di Brasil antara tahun ini dan 2028. Hal tersebut, diungkapkan perusahaan, Rabu (24/1/2024) dalam upaya meningkatkan mobilitas berkelanjutan.

Disitat Reuters, Jumat (26/1/2024), dalam sebuah pernyataannya, GM mengatakan gelontoran dana tersebut, akan digunakan untuk pembaruan menyeluruh portofolio di negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin tersebut, dan akan membantu mengembangkan teknologi dan menciptakan bisnis baru.

Namun, produsen asal Amerika Serikat ini, tidak memberikan perkiraan kapan akan mulai memproduksi kendaraan listrik dan hibrida di negara tersebut. GM hanya mengatakan, keputusan ini akan diambil tergantung evolusi pasar lokal yang akan terjadi.

Sementara itu, pengumuman investasi GM ini sekaligus merupakan kemenangan bagi Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, yang telah memfokuskan upayanya untuk menghidupkan kembali industri dalam negeri Brasil.

GM Pensiunkan Mobil Listrik Chevrolet Bolt Akhir 2023 (Reuters)

Lula menyambut baik kabar tersebut, dan mengatakan bahwa investasi tersebut, akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pembangunan dan inklusi sosial. Taruhan GM, adalah bagian dari fase pertama dari apa yang disebut siklus investasi baru di Brasil, yang bertujuan untuk memperkuat daya saing perusahaan dan keberlanjutan operasi dan produknya.

Rencana tersebut, muncul beberap bulan setelah para pekerja di pabrik-pabrinya di negara bagian Sao Paulo melakukan pemogokan, memprotes PHK terhadap 1.245 karyawan, yang kemudian dibatalkan setelah ada keputusan pengadilan.

Wakil Presiden GM untuk Amerika Selatan, Fabio Rua mengatakan, PHK tersebut dialakukan pada waktu tertentu tahun lalu. Namun, vis jangka panjangnya di Brasil adalah pertumbuhan, dan terus mempekerjakan.

GM tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai investasi tersebut, namun awal bulan ini, perusahaan mengatakan bermaksud meluncurkan enam model kendaraan di Brasil tahun ini, dengan yang pertama adalah minivan tujuh tempat duduk Spin yang didesain ulang.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )