Ridwan Kamil Minta Hyundai Bikin Bus Listrik

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

JAKARTA, AVOLTA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Hyundai untuk produksi bus listrik di Indonesia. Setelah sukses dengan menghadirkan Ioniq 5 di Tanah Air, pria yang akrab disapa kang Emil ini berharap pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengambil peluang yang bagus untuk menghadirkan kendaraan komersial elektrik juga.

“Saya menyarankan kepada Hyundai untuk produksi bus listrik, karena sebagai pemerintah, saya butuh tidak hanya mobil listrik pribadi tapi juga transportasi publik yang sudah elektrik,” ujar Ridwan Kamil, dalam sambutannya ketika menghadiri peresmian pembangunan pabrik baterai Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Mantan Walikota Bandung ini juga berharap, jenama Negeri Ginseng tersebut bisa mewujudkan permintaannya dalam dua atau tiga tahun setelah Hyundai memproduksi Ioniq 5.

“Saya harap dalam dua sampai tiga tahun setelah Ioniq, Anda (Hyundai) bisa memproduksi bus besar. Sehingga, saya bisa membelinya dan membuat kebijakan di 27 kota untuk mengganti bus berbahan bakar fosil ke listrik,” tegas Ridwan Kamil.

Sementara itu, sejak tahun lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memang telah mengalihkan transportasi massal di Bandung dengan bus listrik. bahkan, sudah ada delapan unit BRT (bus rapid transit) yang sudah beroperasi dengan masing-masing kapasitas 25 penumpang.

Sedangkan pemain bus listrik di Indonesia memang masih sangat sedikit, seperti PT Mobil Anak Bangsa (MAB), INKA, PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) dan Kendaraan Listrik Indonesia (KLI). Sisanya, bus listrik masih diimpor,s eperti BYD, Zhongtong, dan Skywell.

Hyundai sendiri memang sudah memiliki line-up bus listrik di negara asalnya, yang disebut Elec City. Kendaraan tersebut, dapat menampung hingga 27 penumpang, dengan desain yang cukup menarik, sebagai bus berlantai rendah dengan panjang 10.998 meter.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )