Daihatsu Terios Bersolek, Toyota Rush Bergeming

Toyota Rush GR Sport punya karakter desain sporty yang kental. (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Daihatsu telah resmi meluncurkan model terbaru dari salah satu low sport utility vehicle (LSUV) andalannya, Terios. Mobil ini, mendapatkan penyegaran minor, mulai dari eksterior dan interior.

Namun, ada yang berbeda saat Daihatsu Terios facelift muncul, karena tidak diikuti oleh kembarannya Toyota Rush. Padahal biasanya, ketika model kembar Daihatsu dan Toyota mendapatkan ubahan atau model baru, seperti Agya-Ayla, Avanza-Xenia, Calya-Sigra, dan Raize-Rocky kerap kali diluncurkan bersamaan.

Dijelaskan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), saat ini pihaknya memang belum berencana meluncurkan Rush facelift. Pihaknya, masih mengandalkan model lama untuk dijual di pasar Tanah Air.

“Rush belum ada (penyegaran). Kemarin ada berita-berita Rush baru, ini tidak benar,” kata Anton, disitat dari laman CNN Indonesia, Sabtu (10/6/2023).

Ketika ditanya alasan Rush belum mendapatkan versi facelift, Anton menjawab dengan cukup singkat, karena setiap merek otomotif memiliki strategi masing-masing.

“Masing-masing punya plan dan strategi masing-masing ya,” singkat Anton.

Daihatsu New Terios varian R Custom. (ADM)

Sebagai informasi, Toyota Rush dan Daihatsu terios pertama kali meluncur di Indonesia pada akhir 2006. Meskipun model kolaborasi antara PT TAM dan PT ADM, namun untum pengembangan dan produksinya sendiri diserahkan ke Daihatsu.

Generasi kedua dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios ini, kemudian muncul berbarengan juga pada 2017. Desainnya menjadi lebih ramping, dan dibekalid engan fitur yang lebih modern.

Sementara itu, berdasarkan kabar yang beredar ke meja redaksi Avolta, langkah Daihatsu untuk menyegarkan Terios tanpa melibatkan Toyota lagi, karena Toyota tidak mengizinkan Daihatsu melakukan rebadge pada model baru Yaris Cross, yang menggunakan platform DNGA-punya Daihatsu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )