IMAS Mau Bangun Pabrik Motor Listrik Yadea di Karawang

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah, dalam hal ini Kementerian perindustrian melalui Sekretaris Jenderal Eko Cahyanto menyebutkan, bakal ada peletakan batu pertama alias groundbreaking pabrik motor listrik baru di Karawang, Jawa Barat. Prosesi tersebut, dikabarkan bakal berlangsung pekan depan, tepatnya Senin (13/5/2024).

“Senin ada pabrik baru mau groundbreaking di Karawang. Pabrik motor listrik akan groundbreaking mulai membangun pabrik di Karawang, sekitar 54 hektare,” ujar Eko, disitat dari Antara, Kamis (9/5/2024).

Namun, Eko belum ingin menyebutkan terkait informasi detail merek dan negara asal produsen motor listrik tersebut, yang bakal mulai pembangunan pabrik motor listriknya.

Eko hanya menyebutkan, merek motor listrik ini sudah menjual produknya di Indonesia, namun produksinya sendiri masih dilakukan di luar negeri.

“Mereka sudah menjual, tatapi masih impor. Mereka masih tes pasar. Mereka percaya diri pasar kita besar, kebijakan kita kuat, faslitas ada. mereka mau investasi,” tegasnya.

Dari undangan yang beredar. di wartawan, ternyata yang berniat membangun pabrik, adalah PT Indomobil Emotor International, anak usaha dari Grup Indomobil (IMAS), distributor resmi merek motor listrik Yadea dari Cina.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia memang tengah gencar mendorong investasi, dan juga perluasan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, baik untuk mobil maupun motor.

Terbaru, adalah produsen motor listrik asal Cina, PT Sunra Asia Pasific Hi-tech (Sunra Indonesia), yang akan membangun pabrik motor listrik di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Nilai investasi jenama roda dua listrik asal Tiongkok ini, disebutkan mencapai US$ 120 juta atau setara Rp 1,91 triliun.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )