Penjualan Sepeda Motor 2023 Bisa Tembus 5,6 Juta Unit

Proses produksi Honda PCX di pabrik AHM. (AHM)

JAKARTA, AVOLTA – Penjualan sepeda motor di Indonesia ditargetkan bisa menyentuh angka paling tinggi 5,6 juta unit pada 2023. Jumlah tersebut cukup realistis, mengingat pada tahun lalu, pasar roda dua di Tanah Air sudah mencapai 5,2 juta unit.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengungkapkan, target penjualan roda dua di Indonesia pada 2023 paling sedikit 5,4 juta unit dan paling banyak 5,6 juta unit.
“Kurang lebih 2 minggu (lalu) baru diputuskan. Itu kan angka minimal kita berikan range 5,4 juta (unit) sampai 5,6 juta (unit),” buka Sigit, disitat dari laman Kumparan, Kamis (19/1/2023).
Lanjut Sigit, sejatinya proyeksi tersebut telah diungkapkan oleh dirinya beberapa waktu lalu. Namun, memang hal tersebut belum dibicarakan dengan anggota asosiasi lainnya.
“Mestinya begini ya, harapannya dengan melihat kebutuhan dan animo masyarakat di tahun ini. Harusnya masih tetap tinggi, apalagi nanti kan akan keluar beberapa produk (baru), ya,” tegasnya.
Berbicara tren model sepeda motor yang masih akan jadi primadona pada tahun ini, tetap akan dipegang oleh model skuter matik alias skutik.  “Mungkin masih jenis matik ya. Cuma teknologinya agak berbeda, ada yang sudah versi listrik,” pungkasnya.
Berkaca dari penjualan sepeda motor pada 2022, yang tembus 5,22 juta unit. Angka tersebut, bahkan melebihi target dari AISI sebesar 5,1 juta unit. Berdasarkan data yang dirilis AISI, terdapat peningkatan 3,2% dibanding penjualan pada 2021, yang hanya sebesar 5,06 juta unit.
Namun, jika dilihat dari penjualan secara bulanan, terjadi penurunan di pasar domestik sebesar 17,8 persen dibanding November 2022, yaitu sebesar 588.269 unit menjadi hanya 483.254 unit.
https://youtu.be/ItyBglBXnN8
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )