BYD Pamer Mobil Listrik Murah Seagull, Harga Rp 132 Juta

BEIJING, AVOLTA – BYD terus memperkuat line-up kendaraan listrik terbarunya. Paling anyar, pabrikan asal Cina ini berencana untuk menghadirkan mobil kecil nol emisi, Seagull.

Meskipun belum resmi diluncurkan, BYD mulai tebar pesona desain dan juga spesifikasi Seagull. Model ini merupakan versi terkecil dan terbaru dari keluarga Ocean, termasuk sedan eksekutif kompak Seal, dan juga subkompak MPV Dolphin.

Disitat dari InsideEVS, Kamis (26/1/2023), desain BYD Seagull sendiri telah terungkap di laman Kementerian Perindustrian dan teknologi Informasi (MIIT) Cina, sebagai bagian dari proses homologasi. Model ini, merupakan hatchback lima pintu, yang menjembatani jarak antara city car dan segmen sub kompak.

BYD Seagull memiliki dimensi panjang 3.780 mm, lebar 1.715 mm, dan tinggi 1.540 mm, dengan jarak sumbu roda 2.500 mm. Dengan ukuran tersebut, menjadi mobil listrik mungil ini 345 mm lebih pendek, 55 mm lebih sempit, dan 300 mm lebih rendah dari BYD Dolphin.

Daris egi performa, BYD Seagull akan ditenagai baterai LFP yang dibuat oleh FinDream, anak perusahaan BYD. Kapasitasnya belum diketahui, namun menurut laporan media lokal sebelumnya, spekulasi dayanya mencapai 30,7 kWh.

Motor listrik BYD Seagull dengan kode TZ180XSH akan memiliki tenaga 55 kilowatt atau setara dengan 74 tk.

Dari tampilannya, BYD Seagull terlihat agak mirip dengan Dolphin dengan sorotan termasuk lampu depan yang tajam, tersedia dengan LED, kaca depan besar yang dilengkapi wiper tunggal, desain atap mengambang, dan bilah lampu LED belakang yang mengingatkan dengan minivan BYD D1, dan spoiler atap yang sporty.

Desain interiornya belum diketahui, tapi dari spy shot yang beredar pada Agustus 2022, mobil ini memiliki dasbor yang terinspirasi dari Dolphin, dengan layar sentuh, panel instrumen digital yang lebih kecil di belakang kemudi, dan bantalan telepon.

BYD Seagull diperkirakan akan segera diproduksi dan dijual di China pada April 2023. Harga berkisar mulai dari US$ 8.850 atau setara dengan Rp 132 jutaan hingga US$ 14.750 atau setara dengan Rp 220 juta.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )