Mobil Terbang Hyundai Siap Tes di IKN 2024

Mobil terbang Hyundai (Carscoops)

JAKARTA, AVOLTA – Kendaraan yang bakal beroperasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan sepenuhnya ramah lingkungan. Tidak hanya mobil listrik, bahkan mobil terbang juga direncanakan bisa digunakan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartenegara, Kalimantan Timur tersebut.

Saat ini, pabrikan yang tengah menyiapkan mobil terbang di IKN Nusantara, adalah PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang bekerjasama dengan Badan Otorita IKN Nusantara. Teknologi yang akan digunakan, adalah Advance Air Mobility (AAM), yang siap diuji coba pada 2024.

“Jadi nanti juga test, ujinya di IKN, rencananya pada 2024,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Mohammed Ali Berawi, disitat dari laman resmi Antara, ditulis Senin (5/12/2022).

Pengembangan mobil terbang untuk IKN Nusantara ini, menjadi sebuah langkah yang sangat revolusioner. Sementara di seluruh dunia, konsep mobil terbang sendiri masih tahap pengembangan dan belum digunakan secara massal.

“Jadi ini udah ada tahap-tahapnya, stepping-stepping-nya mulai dari joint study, joint research, ini kita lakukan untuk artinya kita harapkan kita menjadi salah satu pusat pengembangannya,” tegas Ali.

Sebelumnya, diketahui jika Otorita IKN Nusantara menandatangani nota kesepahaman dengan Hyundai Motor Company dan LG CNS di KTT G20, Bali, beberapa waktu lalu. Kesepakatan tersebut, termasuk Hyundai yang berencana untuk mendirikan pusat Research & Development AAM di IKN Nusantara.

Dengan begitu, pusat riset dan pengembangan di IKN Nusantara, akan menjadi pusat pengembangan industri AAM di Asia Tenggara.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )