Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 N Pakai Suara Knalpot Palsu

Dugaan tampilan Hyundai Ioniq 5 N, siap meluncur di 2023. (latestcarnews.net)

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai akan meluncurkan Ioniq 5 versi sport, yaitu Ioniq 5 N pada 2023. Berstatus sebagai mobil listrik yang punya kecepatan tinggi, maka untuk membuat sensasi berkendara, disiapkan suara knalpot artifisial alias palsu.

Suara knalpot palsu tersebut untuk memuaskan telinga pengendara ketika memacu performa Ioniq 5 N. Sebab, selama ini mobil listrik tidak memiliki suara seperti mobil berbahan bakar alias konvesional.

Melansir laman Paultan, Jumat (23/12/2022) Albert Biermann, penasihat teknis eksekutif Hyundai Motor Group (HMG) di Eropa menjelaskan, perusahaan ingin memberikan sensasi mengemudi mobil sport konvensional di mobil listrik.

Perlu diketahui juga bahwa Biermann bukan orang baru di dunia motorsport. Sebelumnya dia pernah menggarap BMW M selama beberapa tahun, dan bersama Hyundai mengerjakan proyek ‘hot hatchback’ berperforma, yaitu i30 N.

“Banyak yang menyebut mereka tidak akan pernah mengendarai EV karena ini tidak menyenangkan. Tapi ini (Ioniq 5 N) bisa menyenangkan untuk menunjukkan kepada orang-orang kemampuan EV hari ini,” ujar Biermann.

Demi mendukung performa, sejumlah teknologi yang akan masuk ke Ioniq 5 N dikatakan tengah dikembangkan di RN22e, salah satu laboratorium Hyundai. Informasinya, teknologi yang disematkan, yakni N e-Shift yang bertujuan mencocokkan nuansa transmisi kopling ganda seperti mobil sport.

Mode ini disebut sebagai Virtual Grin Shift (VGS) yang bisa diaktifkan melalui sebuah tombol pada setir. Sistem ini digabungkan dengan N Sound Plus sehingga dapat diperoleh suara mobil konvensional seperti menggunakan knalpot dan gearbox.

Hyundai juga akan menambahkan suara dengan pembaruan over-the-air di masa mendatang dan pemilik dapat menambahkan suara palsu lain. Selain itu Ioniq 5 N dipercaya akan hadir dengan mode drift yang memiliki pengereman lebih kuat.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )