Modifikasi Toyota Great Corolla AE101 1994 Proper Harian

 

Modifikasi harian Toyota Great Corolla AE 101 A/T 1994. (AVOLTA.ID/Kiirosan)

JAKARTA, AVOLTA – Cerita kongko otomotif kali ini bersama Ziky Liling atau lebih dikenal dengan panggilan Ziky bersama Toyota Great Corolla AE101 A/T 1994. Modifikasi yang dilakukan termasuk proper. Gaya street racing yang masih jadi andalan sebagian penikmat sedan yang makin punah dipilih Ziky.

Pria yang berdomisili di Jakarta Timur ini, mulai menceritakan soal mobil kesayangannya. Greco ini mulai dimiliki sekitar enam bulan yang lalu, masih 2022 ini.

Mencari mobil bahan, pertimbangan pertama adalah kondisi interior yang masih prima. Selain itu, pilihannya jatuh pada varian transmisi matik karena memang bertujuan jadi mobil harian.

Ubahan langsung dilakukan Ziky, konsepnya restorasi modifikasi (restomod). Mulai cat bodi diubah dari sillver jadi “super white toyota”. Untuk penunjang penampilan dan aerodinamika dipilih perintillan OEM Toyota, mulai side skirt, front lips, dan rear spoiler milik Corolla AE101 GT.

Pun, rear lips menggunakan Corolla wagon. Sementara lampu-lampu dibiarkan standar, cuma dicuci saja supaya kembali bening. “Lampu-lampu tetap standar selain barangnya langka dan mahal,” kata Ziky.

Untuk urusan kaki-kaki menggunakan velg Enkei NT-03 Spider ring 16 inch lebar 7 inch dan ET35 yang dibalut dengan ban GT Radial Champiro SX-2 ukuran 205/50/16, Lugnut Ray 48 mm, dan kaliper rem masih dipercayakan standar. Untuk urusan per, Ziky mencopot per standar dan digantikan dengan per custom yang lebih pendek namun dipercaya tetap nyaman.

Modifikasi. proper Toyota Great Corolla AE101 1994 matik. (AVOLTA.ID/Kiirosan)

Lanjut ke interior, setir diganti menggunakan milik Corolla wagon BZ touring, juga speedometer. Untuk headunit masih edisi “jadul” alias masih memakai kaset yang dicopot dari Mitsubishi Galant.

“Saya sengaja cari head unit yang memancarkan lampu amber sesuai speedometer Corolla Wagon. Biar senada,” imbuh Ziky.

Perintilan dasbor juga sederhana, enggak lebay, mengambalikan nuansa kejayaan sedan era 1990-an. Mulai cup holder, multi box, twiter cover, ignition key ring light, seatbelt adjuster terpasang apik dan semuanya OEM Corolla AE101. Sementara untuk jok pengemudi menggunakan Recaro SR3 yang dicopot dari Honda Integra DC2.

Kemudian jok penumpang dibiarkan standar. Terakhir karpet kabin semuanya menggunakan OEM Corolla FX dengan pola vintage.

Untuk Sektor dapur pacu tak banyak mengalami ubahan hanya overhoul, kabel busi NGK, busi iridium, air filter K&N dan mengganti exhaust header standar dengan yang custom konfigurasi 4–2-1 tujuannya agar mobil tidak terlalu ngempos.

“Biar tarikannya enggak ngempos, biar bawahnya lebih enak” ujar Ziky sambil menutup pertemuan kami.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )