Jokowi dan Joe Biden Sepakat Kembangkan EV Bareng

Ilustrasi pertemuan Jokowi dan Joe Biden (dok Sekertariat Presiden)

JAKARTA, AVOLTA – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko telah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Y Kim, di Jakarta, Jumat (2/12/2022). Keduanya bertemu untuk menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang terjalin di KTT G20, di Bali pada November lalu.

Salah satunya, terkait dengan rencana pengembangan kendaraan listrik (EV) yang dilakukan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Amerika Serika, Joe Biden.

Ke depan, kedua negara ini akan mengembangkan EV berbasis fosil, yang bakal dikembangkan melalui Just Energy Transition Partnership (JETP). Guna melakukan pengembangan ini, akan digelontorkan dana investasi sebesar US$ 20 miliar atau setara dengan Rp308 triliun.

“Komitmen investasi ini harus ditindaklanjut dengan cepat. Untuk itu, pertemuan dengan Dubes AS hari ini sangat penting,” jelas Moeldoko, seperti disitat dari Antara.

Toyota Kalahkan Penjualan GM di Amerika Serikat (Autoblog)

Sementara itu, Jokowi sebelumnya telah meminta jajarannya untuk membentuk gugus tugas guna menindaklanjuti kesepakatan dalam KTT G20. Moeldoko sendiri, memastikan akan terus mengawal arahan dari orang nomor satu di negara tersebut.

“Pertemuan dengan Dubes Amerika Serikat ini selaras dengan arahan Presiden untuk membentuk task force (gugus tugas) di kementerian agar segera mem-follow up (menindaklanjuti) berbagai kesepakatan dalam G20 sehingga pertemuan G20 menjadi fokus dan terimplementasi,” tegas Moeldoko lagi.

Selain membahas langkah strategis dalam menindaklanjuti hasil kesepakatan dari KTT G20, pertemuan dengan Dubes AS ini menurut Moeldoko, untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan AS di banyak lini yang saling menguntungkan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )