Pengembangan Mobil Listrik Indonesia Kalah dari Thailand

Lexus UX300e, salah satu mobil listrik yang sudah semi otonom. (TAM)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Indonesia sedang gencar mempercepat era elektrifikasi. Meski sudah banyak kendaraan listrik yang dijual, tapi pada faktanya ekosistem mobil listriknya masih kalah dibandingkan Thailand.

Acuannya, yaitu pada volume penjualan produk mobil listrik berbasis baterai/BEV di Indonesia masih kecil.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tingkat pertumbuhan segmen mobil listrik ragam teknologi itu hanya meningkat 0,59 persen dibandingkan tahun lalu.

Secara model, terdapat enam model BEV yang telah dipasarkan, antara lain Hyundai Ioniq dan Kona, Hyundai Genesis, Lexus UX 300e, Nissan Leaf, dan DFSK Gelora EV.

Sedangkan total penjualan khusus battery electric vehicle (BEV) di Thailand pada semester I/2022 telah menembus 3.097 unit. Terdapat 28 model BEV yang ditawarkan bagi konsumen di sana.

Sebaliknya, penjualan mobil berteknologi listrik pada periode Januari-Juli tahun ini tercatat sebesar 2.039 unit.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dia masih optimistis Indonesia mempunyai berbagai kekuatan untuk mengejar Thailand. Hal utama, kepemilikan sumber daya alam yang melimpah.

“Indonesia memiliki competitive advantage berupa nikel dan kobalt yang merupakan material penting untuk baterai litium. Selain itu, bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan komponen wiring di mobil listrik,” ungkap dia seperti dikutip laman Bisnis Indonesia.

Selain itu, dia mengklaim telah merangsang banyak kehadiran industri mobil listrik.  Kemenperin mencatat terdapat 4 Industri bus listrik dengan kapasitas produksi 2.480 unit/ tahun; 3 industri bus listrik dengan kapasitas produksi 13.000 unit/ tahun; dan 31 industri sepeda motor listrik dengan kapasitas produksi 1,04 juta unit/ tahun.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )