Toyota Fortuner Hybrid Meluncur Setelah Innova Hybrid

JAKARTA, AVOLTA – Toyota di India nampaknya akan lebih dahulu memasarkan Innova dan Fortuner berteknologi hybrid. Namun, yang lebih dulu meluncur, yaitu Multi Purpose Vehicle (MPV) Innova, setelah itu Sport Utility Vehicle (SUV) Fortuner.

Melansir sejumlah media otomotif di India, ditulis Sabtu (6/8/2022), generasi anyar Fortuner berteknologi hybrid diperkirakan bakal meluncur di Thailand pada 2023.

Tentunya peluncuran ini akan dilakukan setelah Innova HyCross yang dijadwalkan meluncur pada akhir tahun atau awal 2023 di India. Namun keduanya dibekali dengan teknologi hybrid yang berbeda.

Innova Cross juga dikatakan tak punya opsi mesin diesel, tapi diganti bensin 2.000 cc berteknologi strong hybrid. Sementara Fortuner bakalan memakai teknologi mild hybrid yang dipasang di mesin diesel 1GD-FTV 2.800 cc.

Selanjutnya mengenai platform, Innova teranyar pindah dari IMV menjadi Toyota New Global Architecture (TNGA) C, sedangkan Fortuner memakai TNGA F.

Perlu diketahui bahwa TNGA F digunakan pada mobil SUV besar Toyota saat ini, yaitu Land Cruiser J300, Tundra, Sequoia dan juga Lexus LX.

Sementara mengenai sistem gerak roda, generasi baru Innova HyCross beralih dari sistem gerak roda belakang menjadi roda depan karena TNGA C. Meski belum pasti, tapi kemungkinan Fortuner tetap gerak roda belakang.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )