Panasonic Bangun Pabrik Baterai BEV Terbesar di Dunia

Panasonic dalam pameran CES 2020. (Panasonic)

JAKARTA, AVOLTA – Elektrifikasi merupakan masa depan di industri otomotif dunia. Masing-masing perusahaan, termasuk yang bergerak di bidang penyedia elektronik mulai berinvestasi untuk membuat pabrik baterai khusus untuk kendaraan listrik.

Informasi terbaru, yaitu Panasonic dipastikan bakal membangun fasilitas perakitan baterai khusus mobil listrik. Demikian dilansir laman Carscoops, Sabtu (16/7/2022).

Bahkan diklaim pabrik tersebut akan menjadi fasilitas perakitan baterai mobil listrik terbesar di dunia. Pembangunan pabrik akan dilakukan Kansas, Amerika Serikat (AS) dan mampu memproduksi sel baterai 4680.

Nantinya baterai tersebut untuk memasok permintaan dari produsen mobil listrik terkemuka, yaitu Tesla Inc.

Panasonic mengucurkan dana investasi untuk pabrik baterai mobil listrik Tesla di AS ini sekitar 4 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Pabrik itu juga diklaim bisa menciptakan hingga 4.000 lapangan pekerjaan.

Ilustrrasi baterai buatan Panasonic. (Panasonic)

Selanjutnya, pada tahun fiskal 2028, Panasonic berencana melipatgandakan kapasitas produksi baterai mobil listrik di semua fasilitas produksinya dari level saat ini 50 gigawatt-jam per tahun. Panasonic juga akan memasang dua jalur produksi di pabrik baterai di Prefektur Wakayama, Jepang, pada tahun fiskal 2023.

Pendirian pabrik baterai mobil listrik baru ini diduga didorong peningkatan permintaan produksi mobil listrik Tesla. Panasonic saat ini mengoperasikan Gigafactory 1 di Nevada bersama Tesla, termasuk menginvestasikan sekitar USD 1,455 miliar ke fasilitas produksi tersebut.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )