Pemprov Aceh Pilih Gesits Jadi Kendaraan Operasional

Jadi yang pertama, Pemerintah Provinsi Aceh jadikan Gesits sebagai kendaraan operasional (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Provinsi Aceh, resmi memilih motor listrik Gesits untuk dijadikan kendaraan operasional. Hal tersebut, ditandai dengan penyerahan roda dua ramah lingkungan yang diklaim milik anak bangsa ini untuk kebutuhan petugas pengumpul data perindustrian dan survei kebutuhan pokok di Aceh.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kepada perwakilan 23 Kabupaten/Kota di Anjong Mon Mata, Pendopo Gubernur, Banda Aceh.

Sebanyak 37 unit motor listrik Gesits ini dibeli oleh Pemerintah Provinsi Aceh, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan di e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, latar belakang pemilihan kendaraan listrik Gesits ini yaitu untuk menghemat biaya dan mempermudah kinerja, juga sebagai bentuk apresiasi kepada karya anak bangsa. Selain itu, penggunaan ini juga disebut sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat Aceh tentang kendaraan hemat energi dan bersih lingkungan.

“Dengan demikian nantinya kita siap berpartisipasi mendukung operasional seluruh kendaraan bertenaga listrik di Indonesia pada 2050,” ujar Nova Iriansyah.

Sementara itu, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur [WIMA], M. Samyarto mengatakan penggunaan Gesits sebagai kendaraan operasional pemerintah
daerah ini menjadi wujud nyata bentuk sinergi dalam rangka mendukung ketahanan energi nasional dan mendorong akselerasi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

“Aceh merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan sepeda motor listrik Gesits sebagai kendaraan operasional di lingkungan Pemerintahan Daerah. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan kita bersama, dengan sinergi bersama menjadikan Aceh sebagai role model bagi Provinsi lainnya di Indonesia dalam mendukung ketahanan energi nasional, dengan mulai menggunakan kendaraan ramah lingkungan,” jelas Samyarto.

Gesits sebagai kendaraan listrik berbasis baterai, tentunya bisa menjadi salah satu solusi guna mendukung program pemerintah dalam mengurangi penggunaan dan
ketergantungan terhadap energi fosil.

Gesits sendiri turut memberdayakan pemasok lokal, dengan penggunaan komponen yang sudah diproduksi di dalam negeri sebanyak 85% dari total 162
komponen yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN.

Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gesits saat ini sebesar 46,73%, artinya Gesits sudah bisa disebut sebagai motor listrik nasional
karena nilai TKDN lebih dari 40%.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )