Jokowi Mau Ketemu Elon Musk, Bahas Baterai Mobil Listrik

Elon Musk menjual saham Tesla untuk bayar pajak di Amerika. (MotorTrend/Nick Yekikian)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk memenuhi undangan acara KTT-ASEAN di Washington. Berdasarkan keterangan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi akan bertemu Elon Musk.

Pertemuannya nanti akan membahas kerjasama percepatan pengembangan industri nikel di Indonesia dalam memasok baterai kendaraan listrik.

“Sekarang lagi kami atur ketemunya mau di mana jadinya,” ucap Luhut  saat konferensi pers bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Kantor Presiden pada Senin, 9 Mei 2022.

Luhut mengungkapkan sudah ada tim Tesla yang berada di Indonesia. Tim ini akan mengunjungi pusat produksi nikel di Morowali, Sulawesi Tengah.

“Mereka akan meninjau ke lapangan, akan tinjau ke Morowali. Mereka sangat puas dengan data yang mereka dapatkan hingga hari ini,” ungkap Luhut.

Bulan lalu,  Luhut sempat bertemu Elon Musk untuk menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang dimiliki Indonesia. Kata dia, CEO Tesla itu tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah RI.

“Karena ia anggap sangat menjanjikan untuk men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan Tesla,” tutur Luhut dalam unggahan di Instagram pribadinya.

Bahkan, Elon Musk juga akan diundang ke Indonesia untuk menghadiri forum B-20, rangkaian G-20, di Bali pada November 2022.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )