Skuter Listrik Yamaha E01 Disewakan, Rp 2,3 Juta per Bulan

Yamaha memperkenalkan skutik listrik terbaru, Yamaha E01 2022 di Eropa. (Yamaha)

JAKARTA, AVOLTA – Yamaha mulai memasarkan skuter listrik E01 untuk pasar roda dua di Jepang. Tapi skema yang dipakai bukan kepemilikan, tetapi dengan sistem sewa bulanan kepada masyarakat.

Dilansir laman response.jp, Rabu (6/4/2022), langkah tersebut dilakukan Yamaha sekaligus untuk studi, sampai nantinya dipasarkan seperti motor pada umumnya.

Tahap awal ini, Yamaha menyiapkan sekitar 100 unit skuter listrik E01 yang bisa disewa selama 3 bulan, dengan biaya bulanan sekitar 200.000 yen atau setara dengan Rp 2,3 jutaan.

“Pada motor bermesin konvensional, skuter dengan kapasitas kecil memiliki getaran yang kuat, dan menyebabkan kelelahan,” ungkap Takuya Maruo dari Yamaha Motor Development Department, selaku pengembang E01.

Maruo mengatakan, skuter listrik E01 diharapkan dapat menjadi pilihan para pekerja yang melakukan perjalanan dengan jarak menengah setiap hari. Melalui eksperimen demonstrasi ini, pabrikan asal Jepang ini sekaligus mencari metode pengisian daya yang optimal untuk kendaraan listrik.

Perlu diketahui, skuter listrik Yamaha E01 tersebut dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkekuatan 8,1 kWh. Ini merupakan skuter bertenaga listrik murni yang diklaim sebagai model komuter perkotaan yang praktis dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Motor listrik ini memiliki kegunaan yang setara dengan skuter bertenaga bensin kelas 50-125cc dan kinerja yang cocok untuk mobilitas antar kota. Yamaha E01 memiliki jok yang cukup landai dan pijakan kakinya menawarkan posisi berkendara yang lebih nyaman.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )