Mulai Marak Pencurian Baterai Skuter Listrik di Italia

Skuter listrik Yamaha Neo dibekali baterai. (Yamaha)

JAKARTA, AVOLTA – Populasi kendaraan listrik mulai tersebar di sejumlah negara di dunia, termasuk Italia. Namun, keberadaannya itu disalahgunakan oleh oknum dengan mencuri baterai sepeda motor listrik dan skuter listrik.

Melansir laman Ride Apart, Rabu (20/4/2022) dalam beberapa waktu terakhir sudah tercatat 12 kasus pencurian baterai kendaeraan listrik di Milan, Italia.

Sel-sel baterai dibongkar dan dijual di pasar gelap atau di pasar bekas dengan kondisi komponen yang direkondisi.

Ternyata, pencurian paket baterai dari kendaraan roda dua listrik bisa jadi agak rumit. Sebagian besar paket baterai saat ini mencakup kode ekstensif dan antarmuka perangkat lunak yang hanya tersedia dari pabrikan.

Kondisi ini membutuhkan organisasi kriminal yang sangat intelek dan dilengkapi dengan baik dengan keterampilan dan pengetahuan untuk melampaui tindakan perlindungan ini. Mungkin ini menunjukkan modus operandi baru untuk kejahatan terorganisir.

Yamaha Neo, skutik listrik kecil resmi meluncur di Eropa. (yamaha)

Selama tahun 2020 dan 2021, diperkirakan 700 paket baterai telah dicuri. Beberapa dari mereka yang ditahan memiliki riwayat pencurian kecil-kecilan dan aktivitas terkait narkoba.

Ketika City Scoot, salah satu perusahaan berbagi skuter di Milan, melaporkan insiden pencurian baterai yang tinggi pada tahun 2020. Perusahaan melaporkan sekitar 600 baterai yang hilang secara total, setara dengan 600.000 Euro, dengan setiap paket harga 1.000 Euro.

Mengingat peningkatan pesat dalam popularitas kendaraan listrik, serta integrasi teknologi pertukaran baterai ke dalam campuran, kemungkinan langkah-langkah tambahan perlu diambil untuk menjaga keselamatan dan keamanan paket baterai di kendaraan listrik.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )