Hanya Laku 1 Unit, Honda Mobilio Jadi Korban Penjualan Brio

HPM hanya memasarkan satu varian Honda Mobilio Tipe S Manual. (Honda)

JAKARTA, AVOLTA – Sepanjang Januari dan Februari 2022, Honda Mobilio tidak ada catatan penjualan wholesales (pabrik ke diler). Namun, untuk retail sales (diler ke konsumen), mobil keluarga level bawah dari pabrikan berlambang huruf H ini hanya terjual 1 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy menjelaskan Honda Mobilio masih tetap dipertahankan, dan tidak diberhentikan penjualan serta produksnya. Hanya saja, untuk saat ini, model tersebut memang tidak diprioritaskan karena kelangkaan komponen cip semikonduktor di Indonesia.

Pasalnya, Honda Mobilio sendiri menggunakan komponen cip yang sama dengan Brio, yang kini menjadi model terlaris dari pabrikan asal Jepang tersebut di Tanah Air.

“Kenapa? Ya karena sama dengan Brio (komponennya), dan pesanannya tinggi sekali (Brio),” ujar Billy saat ditemui di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Kamis (8/4/2022).

Lanjut Billy, dengan melihat kondisi yang ada saat ini, maka produksi Honda Mobilio memang ditangguhkan untuk sementara. Sehingga, untuk model yang permintaannya tinggi, seperti Brio tidak terjadi inden atau waktu tunggu yang panjang.

“Makanya, kami alokasi komponen ke Brio, bukan Mobilio disetop,” tegasnya.

Sebelumnya, Billy juga telah menyampaikan permintaan maafnya kepada konsumen yang hendak membeli Mobilio ini harus menunggu lebih lama. Namun, pria ramah ini juga menegaskan, jika pada Maret 2022, produksi Mobilio akan kembali dilakukan, agar permintaan pasar tetap bisa terpenuhi.

“Mohon maaf, komponennya dipakai dulu di Brio. Bulan ini, kami akan produksi Mobilio walaupun tidak sebesar demand-nya. Kami akan selalu melihat back order bagaimana dan permintaan pasar,” pungkasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )