Jangan Disepelekan, Biasakan Tune Up Mobil Setahun Sekali

Tune up mobil (ACA.co.id)

JAKARTA, AVOLTA – Mobil yang digunakan sehari-hari, terlebih yang sering menempuh jarak cukup jauh wajib diperhatikan perawatannya. Hal tersebut, agar performa kendaraan kesayangan tetap prima, dan tidak menimbulkan masalah sehingga menambah biaya pengeluaran untuk perbaikan.

Selain melakukan perawatan berkala, pemilik juga harus rajin melakukan tune-up. Tujuannya, selain menjaga kondisi mobil, juga menghindari konsumsi bahan bakar yang boros.

“Kalau memang mobil kita dipakai untuk transportasi harian, paling tidak delapan atau satu tahun sekali harus tune up,” ujar Lung-lung, Pendiri bengkel Dokter Mobil, di Depok, belum lama ini.

Lanjut Lung-lung, meskipun tidak ada kerusakan yang fatal jika pemilik tidak melakukan tune up, namun performa kendaraan tetap tidak akan maksimal.

“Saat pemilik tidak melakukan tune up, tarikan kendaraan akan menjadi lemah, dan para pengendara akan menjadi lebih sering untuk menginjak pedal gas lebih dalam sehingga timbul pemboroasna bahan bakar,” tegas Lung-lung.

Sebagai informasi, tune up mobil kesayangan, memang kini sudah menjadi kebutuhan. Pasalnya, dengan penggunaan mobil sehari-hari, pastinya akan menghasilkan kerak karbon dari hasil pembakaran.

Dengan begitu, melakukan pembersihan piston, valve, intake, injector, throttle bodu, catalytic converter, dan EGR khusus untuk mobil diesel, akan membantu menjaga performa mobil kesayangan tetap maksimal.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )