Platform TNGA-C Dipakai Voxy, Berlanjut ke Innova Hybrid?

Platform TNGA-C di Toyota Voxy (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Voxy generasi terbaru sudah resmi dijual di Indonesia. Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut kini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) tipe C atau TNGA-C (GA-C).

Penggunaan platform ini bukan yang pertama buat Toyota, karena sudah dipakai di Prius, C-HR, dan Corolla.  Menyasar MPV kompak, tentunya ada kemungkinan TNGA-C ini akan digunakan pada model MPV lain.

Lantas, untuk selanjutnya apakah platform tersebut bakal digunakan di Kijang Innova generasi terbaru yang bakal diluncurkan pertengahan tahun ini di Indonesia?

Anton Jimmy Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, belum bisa diinformasikan sekarang ini, akan tetapi platform TNGA seperti ini akan membantu memberikan kenyamanan kepada konsumen.

“Mengenai fitur dan lain sebagainya tentunya bisa lebih baik lagi ke depannya. Tapi waktunya kapan, kita akan sesuaikan semuanya. Sementara itu dulu yang saja bisa jawab,” ungkap Anton dalam acara peluncuran Voxy secara virtual, Kamis (17/2/2022).

Perlu diketahui bahwa penggunaan platform TNGA-C ini tentunya akan membuat struktur bodi mobil tersebut menjadi lebih rigid dan ringan sehingga bisa menghadirkan stabilitas dan kenyamanan berkendara.

Toyota Innova justru terancam tidak bisa menikmati insentif PPnBM DTP karena harganya melampaui Rp 240 juta. (TAM)

“Tapi yang jelas, buat kamai adalah bagaimana konsumen bisa merasakan kenyamanan Ketika berada di dalam mobil tersebut,” tutur Anton lagi.

Selain itu, untuk diketahui juga bahwa Innova sejak 2004 atau generasi kelima (AN40) sampai sekarang menggunakan platform IMV alias Innovative International Multi-purpose Vehicle. Mobil dengan platform IMV itu cuma dibekali mesin bensin (seri TR dan GR) dan diesel (seri L, KD, dan GD) .

Mengacu pada data tersebut, apabila Innova ada pilihan mesin hybrid maka tidak mungkin lagi menggunakan platform IMV.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )