Plat Nomor Putih Bikin Bukti Pelanggaran Jadi Jelas

JAKARTA, AVOLTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam waktu dekat ini akan mengubah warna dasar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias plat nomor menjadi putih, dan angka serta huruf dibuat hitam. Salah satu tujuannya, yakni mendukung optimalisasi program tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE).

Pergantian warna dasar TNKB dari hitam ke putih juga sesuai amanat Perpol Nomor 7 Tahun 2021 yang menggantikan Perkab 5 Tahun 2012 tentang Regident Ranmor. Pada beleid tersebut, khususnya Pasal 45 Ayat 1 (a), TNKB kendaraan motor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional akan berwarna putih dengan tulisan hitam.

Menurut penjelasan Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus, peralihan plat hitam ke putih akan memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat. Di antaranya yakni mendukung sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berbasis kamera hingga parkir elektronik.

“Kita gunakan plat putih kedepannya agar Automatic Number-Plate Recognition (ANPR) yang ada di dalam ETLE bisa menyorot secara tepat tanpa ada kesalahan. Karena hasil penelitian ANPR ini lebih mengenal kepada yang dasarnya putih tulisan hitam,” ungkap Yusri di Jakarta belum lama ini.

Pelat Nomor Putih (ist)

Sementara Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, alasan lain mengganti warna TKNB ini juga agar tangkapan pelanggaran di jalan raya menjadi lebih valid dan jelas.

“Karena selama ini kamera ETLE menangkap TNKB pelanggar lalu lintas kurang jelas sehingga menjadi kendala bagi kami ketika hendak melihat data pelanggar. Dengan perubahan warna dasar ini akan semakin membantu kami,” ucap Aan di Korlantas Polri, Kamis (3/2/2022).

Jenderal polisi bintang satu itu juga menjelaskan perubahan TNKB sudah mulai diberlakukan kepada kendaraan yang baru maupun yang telah melalui perpanjangan 5 tahunan.

“Mudah-mudahan ini terus berkesinambungan, sehingga kita yang di penegakkan hukum ini lebih akurat lagi untuk penangkapan gambarnya itu. Karena saya sudah liat di beberapa negara di eropa itu rata-rata sudah begitu lebih bagus tangkapannya.” jelasnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )