Harley-Davidson Makin Serius Garap Motor Listrik Pakai Merek Baru

Moge listrik LiveWire besutan Harley-Davidson sudah dijual sejak 2019. dok. www.cycleworld.com

Wisconsin, Avolta – Harley-Davidson mulai serius menggarap segmen baru motor listrik yang makin menjanjikan di masa depan. Kemungkinan segmennya disebut moge listrik.

Tapi yang pasti, pabrikan asal Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat sengaja menciptakan unit bisnis baru, anak perusahaan, dengan merek LiveWire. Seperti dikutip dari Electrek, Senin (10/5/2021), Harley mengumumkan merek anyar LiveWire sebagai entitas baru.

Memang LiveWire sudah diperkenalkan lebih dulu sejak 2019, bahkan sudah dijual ke pasar.

Harley menyatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan, potensi pasar sepeda motor listrik global semakin signifikan. Buktinya, dalam beberapa tahun terakhir permintaan sepeda motor listrik melonjak. Selain itu, faktor penentu lain Harley makin serius menggarap motor listrik, adalah konsumen peminat motor penggendong baterai ini, adalah anak muda.

Baca juga: BMW X5 Fuel Cell Hasil Kolabs dengan Toyota Siap Meluncur di 2022

Pembalap Angelle Sampey saat melakukan test drag-race Harley-Davidson LiveWire – dok.Istimewa via Electrek

Masih kata Harley, struktur demografi dunia menunjukkan kalau anak muda porsinya mencapai 56% lebih dari total penduduk bumi saat ini. Potensi ini besar dan dianggap calon cuan.

Sementara itu, kebijakan negara-negara di dunia terus mendorong ekosistem, terciptanya lingkungan bagi motor listrik untuk tumbuh subur. Jadi pas, antara potensi pasar yang ada dengan regulasi yang bakal dijalani penduduk dunia.

Prototipe skuter listrik Harley-Davidson – dok.Electrek

Portofolio
Saat ini, LiveWire kini juga terus mengembangkan portofolio produk untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen dunia di segala segmen. Setelah motor sport digelonotorkan pada tahun 2019, kini Harley melalui merek anyarnya, LiveWire, akan menyododorkan varian baru pada 8 Juli 2022.

Hanya, model apa yang bakal diluncurkan nanti, hingga kini belum ada informasi, meski telah diketahui Harley juga telah mengembangkan skuter listrik LiveWire Tetapi, yang pasti, model anyar akan menjadi penanda keseriusan Harley dalam melangkah ke era baru, meski tak serta merta meninggalkan produk yang selama ini menjadi ikon baginya, yakni moge.

Chief Executive Officer Harley-Davidson Jochen Zeitz menyebut langkah ini merupakan bagian dari penguatan enam pilar menuju penguatan bisnis dan kepeloporan Harley dalam industri kendaraan bermotor roda dua. “Salah satu dari enam pilar The Hardwire Strategy adalah memimpin di bidang kendaraan listrik, yakni dengan meluncurkan LiveWire sebagai merek serba listrik, kami mengambil kesempatan untuk memimpin pasar di kendaraan listrik,” ucap dia.

Dengan misi seperti, lanjut Zeitz, LiveWire akan menjadi merek sepeda motor listrik global yang dikenal luas. Untuk itu, merek ini berencana untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi yang akan diterapkan pada sepeda motor listrik Harley-Davidson masa depan.

Sekadar catatan, penjualan motor gede konvensional Harley-Davidson terus merosot. Seperti dilaporkan laman resmi bursa saham Nasdaq dan Retail Asia News, sepanjang tahun 2019 lalu merek itu hanya menjual 218.273 unit moge. Penjualan ini ambles 4,3% di semua wilayah pasar utamanya jeblos, kecuali di wilayah Asia-Pasifik. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )