Honda Investasi Rp 572 T Untuk 30 Mobil Listrik Baru

Ilustrasi mobil listrik Honda (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Honda Motor Co, Selasa (12/4/2022) resmi mengumumkan akan mengucurkan investasi senilai 5 triliun yen atau setara dengan Rp 572 triliun, untuk melakukan pengembangan mobil listrik hingga 2030.

Melansir laman Nikkei Asia, Kamis (14/4/2022) dengan investasi sebesar itu, Honda akan membuat 30 mobil listrik baru sampai tahun 2030. Bahkan kapasitas produksi mobil listrik ini bisa mencapai 2 juta unit per tahun.

“Kami akan mengembangkan produk bernilai tinggi pada skala global,” ucap Presiden Honda Motor Co Toshihiro Mibe.

Mibe menjelaskan bahwa dana riset dan pengembangan Honda selama decade terakhir telah mencapai sekitar 7 triliun yen. Selanjutnya pada decade ini nilainya bertambah sekitar 10%.

Porsi 60% dari biaya riset dan pengembangan akan ditujukan untuk pengembangan mobil listrik sampai perangkat lunak lainnya yang berhubungan dengan kendaraan listrik.

Mibe saat itu mengungkap strategi global yang akan dilakukan Honda berdasarkan regional. Saat ini Honda sudah mendapatkan pasokan stabil baterai lithium-ion dari Amerika Utara, China, dan Jepang melalui berbagai penguatan kerja sama.

Di Amerika Serikat, Honda mendapatkan baterai Altium dari General Motors. Selain itu perusahaan juga mempertimbangkan kerja sama dengan perusahaan lain untuk memproduksi lebih banyak baterai.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )