Merek Mobil Terlaris di Indonesia Maret 2022
JAKARTA, AVOLTA – Penjualan mobil di Indonesia sepajang Maret 2022 melesat cukup signifikan. Bahkan, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), catatan tersebut menjadi paling besar selama dua tahun terakhir atau ketika pandemi Covid-19 terjadi.
Secara wholesales (pabrik ke diler) periode Maret 2022, tembus di angka 98.524 unit dan retail (diler ke konsumen) 89.811 unit.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menjelaskan, penjualan pada Maret 2022 sudah kembali normal atau sama seperti hasil penjualan sebelum pandemi. Artinya, perekonomian masyarakat ditambah dengan insentif yang diberikan pemerintah berhasil mendongkrak minat konsumen.
“Hasil penjualan Maret 2022 sama seperti kondisi normal sebelum pandemi atau pada saat kondisi normal,” ungkap Nangoi.
Berdasarkan merek, Toyota masih jadi raja penjualan di pasar Tanah Air, dengan wholesales 33.344 unit dan retail 30.935 unit, Daihatsu berada di posisi kedua dengan wholesales 17.465 unit dan retail 16.318 unit.
Menyusul di tempat ketiga, ada Honda dengan wholesales 12.975 unit dan retail 9.554 unit. Lalu, ada Mitsubishi di posisi selanjutnya dengan wholesales 11.501 unit. Namun menariknya, jenama berlambang tiga berlian ini mencatatkan retail yang lebih baik dibanding Honda dengan 10.592 unit.
Suzuki penjualan whole sales mencapai 8.604 unit dan retail 7.765 unit. Isuzu whole sales 3.420 unit dan retail 2.767 unit.
Sedangkan terjadi persaingan yang cukup sengit dari merek otomotif asal Cina dan Korea Selatan, yaitu Wuling dengan wholesale dan retail sebanyak 2.500 unit, dan Hyundai whole sales 2.150 unit dan retail 1.627 unit.
Hino mencatatkan penjualan whole sales sebanyak 2.336 unit dan retail 2.469 unit, serta Mitsubishi Fuso whole sale 1.788 unit dan retail memiliki catatan lebih baik dibanding Isuzu, Wuling, Hino, dan juga Hyundai dengan berhasil mengirim sebanyak 3.092 unit.