2 Motor Listrik Jepang Lolos Uji Tipe Kemenhub

Curi Perhatian Pengunjung, Intip Spesifikasi Yamaha Neo's yang Pamer di IIMS 2023 (IST)

JAKARTA, AVOLTA – Populasi sepeda motor listrik di Indonesia dipercaya akan terus bertambah seiring dengan semakin banyak produsen yang menjual unitnya ke konsumen. Selain pabrikan China, persaingan juga bakal diisi oleh merek dari Jepang.

Informasi terbaru, dikabarkan ada dua merek motor asal Jepang yang motor listriknya sudah lolos uji tipe Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kasie Sertifikasi Kendaraan Umum Direktorat Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Joko Kusnanto, menjelaskan bahwa total sudah ada 52 agen pemegang merek (APM) yang telah lolos uji tipe. Bahkan masing-masing sudah memiliki SUT.

“Ada merek Jepang juga yang sudah lolos uji tipe, ada dua model dari Jepang,” tutur Joko belum lama ini di Jakarta.

Hanya saja Joko tidak mau memberikan informasi lebih dari itu. Menurut dia, nama mereknya sudah sangat dikenal banyak masyarakat Indonesia.

Jokowi Pastikan Insentif untuk Sepeda Motor Listrik Bakal Disahkan Duluan (AHM)

Jokowi Pastikan Insentif untuk Sepeda Motor Listrik Bakal Disahkan Duluan (AHM)

“Kalau merek apa dan tipenya apa, yang jelas dari merek itu-itu saja, ya. Ditunggu saja nanti,” kata Joko.

Berpatokan pada informasi yang disampaikan Joko, maka kemungkinan besar merek tersebut adalah Honda dan Yamaha. Kedua pabrikan asal Jepang itu sedang mengembangkan motor listrik untuk pasar Indonesia.

Contoh Honda, pernah memamerkan motor listrik EM-1 e:. di pameran IIMS 2023. Sementara Yamaha, lagi fokus pada program proof of concept (PoC) dengan Yamaha E-01, melanjutkan program riset motor listrik mereka sebelumnya seperti E-Vino dan turut membawa Neo’s.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )