Waktu Tepat Cuci Mobil Warna Gelap Supaya Terjaga Elegan

JAKARTA, AVOLTA – Bagi sebagian besar konsumen di Indonesia, memilih warna mobil yang hendak dibeli masih menjadi sesuatu yang penting. Biasanya, kelir gelap, seperti hitam, biru dongker, merah marun, atau hijau Inggris kerap jadi pilihan.

Alasannya cukup sederhana, selain termasuk warna netral yang tidak membosankan, dan jika mengkilap akan memberikan kesan mewah dan elegan.

Namun, bagi pemilik mobil berwarna gelap, diperlukan perawatan ekstra, karena warna ini cenderung reflektif ketika ada kotoran, debu, serta baret, sehingga lebih mudah terlihat di permukaan bodi.

Samsudi, Aftersales Support Astra Peugeot menjelaskan, hal yang paling pertama adalah memperhatikan waktu mencuci kendaraan.

“Waktu ideal untuk mencuci mobil, adalah saat pagi atau malam hari. Karena jika siang hari, ketika masih ada tetesan air di permukaan bodi lalu lebih cepat menguap kena panas matahari, mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih,” jelas Samsudin di Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, ketika kendaraan dengan warna gelap ini dicuci jelang siang atau sore hari, maka setelah diberi sabun dan dilap, harus segera dibilas dengan air bersih. Kemudian, sisa air yang masih menempel, harus dikeringkan segera mungkin.

“Agar tidak baret, gunakan lap microfiber dan lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah,” tegasnya.

Cara Merawat Mobil berwarna Gelap Agar Tetap Elegan (Otopedia)

Tapi, pemilik mobil tidak perlu panik juga ketika ada noda atau jamur di bodi mobil, karena bisa melakukan perawatan untuk mengembalikan warnanya. Di pasaran terdapat banyak pilihan paket car detailing yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar.

“Pastikan juga, formulasi yang dipilih untuk mengembalikan warna gelap ke aslinya, bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” tukas Samsudin.

 

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )