Wujud Motor Listrik Yamaha E01 Versi Produksi Massal

Yamaha memperkenalkan skutik listrik terbaru, Yamaha E01 2022 di Eropa. (Yamaha)

JAKARTA, AVOLTA – Yamaha E01 menjadi ramai diperbincangkan di jagat maya sejak bocor ketika sedang diuji di jalan dengan kamuflase. Kini sepeda motor listrik terbaru dari produsen roda dua asal Jepang itu kembali muncul ke permukaan, bedanya ini adalah versi produksi massal.

Jika diamati dari gambar yang beredar maka skutik listrik ini memiliki bodi agak bongsor, selevel dengan NMax, tapi dengan gaya lebih sporty. Kompartemen di bawah kursi lebih tebal, yang kemungkinan bakal jadi tempat baterai.

Soal performa, skutik listrik pesaing Honda PCX listrik ini disebut-sebut bakal setara dengan motor 125cc. Tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 11 kW atau setara dengan 15 dk.

Angka tersebut juga menyesuaikan dengan regulasi kategori motor light electric scooter, yang berlaku di Eropa. Karena memang, motor listrik ini kemungkinan bakal pertama diluncurkan di wilayah tersebut. Setelah itu akan dipasarkan juga di wilayah lainnya, seperti kawasan Asia.

Sempat beredar sketsa skutik listrik Yamaha e01 di internet. (MotorPlusOnline)

Yamaha pertama kali meluncurkan konsep skuter listrik E01 di Tokyo Motor Show 2019, sebagai langkah nyata pertama menuju pilihan energi listrik dan energi bersih. Pengembangan skuter listrik Yamaha telah bermitra dengan pembuat e-skuter Gogoro yang sudah mapan.

Dalam hal perawatan Yamaha E01 diklaim memiliki biaya perawatan yang sederhana. Kabarnya baterai E01 bisa ditukar dengan baterai milik Yamaha EC-05. Pasalnya, kedua motor listrik ini dirancang berdasarkan basis produksi yang serupa, hanya saja punya model berbeda.

Cara ini tentunya akan lebih memudahkan pemilik motor agar tetap beraktifitas menggunakan baterai yang sudah terisi penuh. Sedangkan baterai sebelumnya yang kosong dapat diisi daya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )