Pemilik Mobil Wajib Tahu Arti jika Engine Check Menyala

Indikator Check Engine Menyala (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Sang pemilik wajib tahu tanda-tanda mobil sedang mengalami masalah, apalagi mengenai sistem kelistrikan. Sebab, bisa menggangu performa dan dapat membahayakan apabila terjadi sesuatu ketika di perjalanan.

Salah satu yang wajib diketahui adalah tanda engine check sedang mengalami masalah. Apabila logo bergambar mesin sudah menyala warna merah, artinya mobil tersebut sedang mengalami gangguan.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika indikator engine check menyala artinya menunjukkan adanya permasalahan pada bagian elektrikal.

“Bisa saja sensor-sensor terkait dengan mekanisme mesin atau bagian elektrikalnya,” kata Didi belum lama ini di Jakarta.

Urusan elektrikal, lanjut Didi tidak bisa sembarangan, sang pemilik mobil harus segera membawa ke bengkel resmi untuk dianalisa apa kerusakannya. Sebab, butuh alat khusus untuk mengecek dan yang pasti jika indikator menyala terdapat komponen yang tidak berfungsi dengan baik.

“Tidak bisa memastikan jenis kerusakan yang terjadi, hanya dengan melihat dari indikator tersebut. Mengingat, untuk mengetahuinya harus dilakukan pengecekan lebih detail lagi,” tutur Didi.

Penyebab lain yang kebanyakan terjadi karena bagian mesin atau sensor tersebut terkena percikan atau genangan air saat melewati jalan basah atau banjir. Banyak sensor yang patut dicurigai, termasuk sensor air flow meter, temperatur intake air, oksigen, MAP, injektor, dan banyak lagi.

”Jadi kemungkinan permasalahannya memang banyak. Jika tidak segera dicari penyebabnya, bisa jadi akibatnya mesin jadi boros bahan bakar, berat tarikan, tersendat, keluar asap hitam, susah hidup atau masalah lain tergantung kerusakan sensor,” ujar dia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )